PENERAPAN MODEL “CTL” BERBANTUAN MEDIA VISUAL NOVEL PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI KEGUNAAN PROGRAM APLIKASI PADA SISWA KELAS VII SMP BOEDI OETOMO CILACAP


Hikmatyar Insani , 5302411240 (2015) PENERAPAN MODEL “CTL” BERBANTUAN MEDIA VISUAL NOVEL PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI KEGUNAAN PROGRAM APLIKASI PADA SISWA KELAS VII SMP BOEDI OETOMO CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411240.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi siswa atau hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi kegunaan program aplikasi tergolong rendah. Hal ini dikarenakan dalam penyampaian materi guru hanya menggunakan metode ceramah yang hanya berbantuan buku cetak dan Lembar Kerja Siswa tanpa adanya bantuan media pembelajaran. Sehingga minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran TIK masih sangat rendah. Untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas proses pembelajaran perlu diadakannya inovasi dalam pembelajaran. Model pembelajaran CTL merupakan salah satu model dimana siswa menjadi pusat dalam proses pembelajaran. Ditambah dengan media Visual Novel yang berisi materi dengan animasi yang menarik diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas proses pembelajaran. Dalam pembelajaran ini siswa berinteraksi langsung dengan komputer. Untuk melaksanakan hal tersebut, peneliti akan melakukan sebuah Penelitian Tindakan Kelas dimana subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan guru mata pelajaran TIK SMP Boedi Oetomo Cilacap. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji validasi media Visual Novel dan materi yang akan digunakan. Sehingga media dan materi yang akan digunakan sudah teruji efektif oleh beberapa ahli. Selanjutnya data hasil penelitian diperoleh dengan lembar observasi aktivitas baik guru maupun siswa, dokumentasi, dan tes. Dan yang terakhir data analisis dengan menggunakan data kuantitatif untuk menghitung kompetensi siswa dan data kualitatif untuk menghitung aktivitas guru dan siswa. Dalam penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berbantuan media Visual Novel dapat meningkatkan kompetensi siswa, aktivitas siswa, dan aktivitas guru dalam pembelajaran materi Mengidentifikasi Kegunaan Program Aplikasi. Ditambah dengan media Visual Novel merupakan media yang efektif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerpan Model CTL, Visual Novel, TIK, Kompetensi Siswa, Aktivitas Siswa, Aktivitas Guru.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:02
Last Modified: 20 Jul 2016 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23462

Actions (login required)

View Item View Item