IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN 3C3R (CONTENT, CONTEXT, CONNECTION, RESEARCHING, REASONING, REFLECTING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 4 KENDAL


Latifah Irmajayanti , 5302411226 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN 3C3R (CONTENT, CONTEXT, CONNECTION, RESEARCHING, REASONING, REFLECTING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 4 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411226.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di SMK Negeri 4 Kendal kelas X TKJ menggunakan model pembelajaran ekspositori, yang dimana model ceramah sangat dominan sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, juga berdampak pada nilai rata-rata hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem operasi setelah diterapkan model pembelajaran 3C3R dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran 3C3R dan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini adalah eksperimen, dengan jenis eksperimen Quasi Experimental Design yaitu Pretest – Posttest Control Group Design yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 orang siswa kelas X TKJ 1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 orang siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelompok kontrol SMK Negeri 4 Kendal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest pada kelompok eksperimen adalah sebesar 53,90, sedangkan nilai rata-rata posttest adalah sebesar 78,78. Rata-rata nilai pretest pada kelompok kontrol adalah sebesar 52,97, sedangkan nilai rata-rata posttest adalah sebesar 70,52. Uji gain peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,54 dengan interpretasi kategori peningkatan sedang. Pada uji gain peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 0,38 dengan interpretasi kategori peningkatan sedang. Penerapan model pembelajaran 3C3R pada kelas eksperimen memberikan perbedaan hasil belajar siswa jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran ekspositori. Model pembelajaran 3C3R mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Operasi Jaringan kelas X SMK Negeri 4 Kendal. Disarankan model pembelajaran 3C3R dapat diterapkan pada materi pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: 3C3R, Problem Based Learning, ekspositori, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:57
Last Modified: 20 Jul 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23461

Actions (login required)

View Item View Item