PENERAPAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KATEGORI MULTIMEDIA PADA JURUSAN MULTIMEDIA (STUDI KASUS KELAS X SMK MUHAMMADIYAH DORO


Lisfiyani , 5302411213 (2015) PENERAPAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KATEGORI MULTIMEDIA PADA JURUSAN MULTIMEDIA (STUDI KASUS KELAS X SMK MUHAMMADIYAH DORO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411213.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penguasaan siswa dalam mengidentifikasi kategori multimedia rendah, padahal materi ini merupakan materi dasar berkelanjutan yang nantinya dipelajari siswa dalam jurusan multimedia sampai kelas XII. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan dan keaktifan siswa pada proses pembelajaran dalam mengidentifikasi kategori multimedia pada jurusan multimedia setelah diterapkannya guided discovery berbantuan media prezi. Rancangan penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (ClassRoom Action Research). Adapun tindakan yang digunakan dalam pembelajaran, yakni melalui sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan metode guided discovery berbantuan media prezi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kategori multimedia pada jurusan multimedia. Hasil tes yang diperoleh siswa setelah diterapkannya metode guided discovery berbantuan media prezi, pada siklus I diperoleh jumlah siswa yang tuntas belum optimal (20 siswa), kemudian pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 27 siswa, sudah optimal. Keaktifan siswa diperoleh dari hasil observasi aktivitas belajar siswa, dimana jumlah siswa yang aktif selama pembelajaran pada siklus I belum optimal (17 siswa) kemudian meningkat menjadi 24 siswa, sudah optimal pada siklus II. dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, penerapan metode guided discovery berbantuan media prezi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kategori multimedia dan dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery, Kemampuan, Mengidentifikasi Kategori Multimedia.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:59
Last Modified: 20 Jul 2016 17:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23460

Actions (login required)

View Item View Item