PENGARUH PENGUASAAN TEORI DAN EKSPEKTASI KARIR TERHADAP KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMK N 10 SEMARANG


RATIH KUSUMASTUTI , 5302411191 (2015) PENGARUH PENGUASAAN TEORI DAN EKSPEKTASI KARIR TERHADAP KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR DI SMK N 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411191.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas pelaksanaan pembelajaran dapat ditingkatkan melalui penguasaan teori dan ekspektasi karir yang baik. Hasil observasi awal diperoleh data nilai siswa di kelas X belum ada siswa yang mendapat nilai ≤ 9,00 sehingga kualitas pelaksanaan pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1) Penguasaan teori jaringan dasar dalam kualitas pelaksanaan pembelajaran. 2) Ekspektasi karir dalam kualitas pelaksanaan pembelajaran. 3) Penguasaan teori dan ekspektasi karir baik bersama-sama terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran jaringan dasar siswa kelas X di SMK N 10 Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X RPL sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data dengan angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penguasaan teori memiliki pengaruh terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran sebesar 64,3%, 2) Ekspektasi karir memiliki pengaruh terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran sebesar 44,6% dan 4) Secara bersama-sama penguasaan teori dan ekspektasi karir berpengaruh terhadap kualitas pelaksanaan pembelajaran sebesar 64,5%. Penguasaan teori diharapkan lebih ditekankan guru pada siswa, Ekspektasi karir siswa diharapkan dapat diefektifkan lagi dengan bimbingan karir dan diharapkan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan penguasaan teori dan ekspektasi karir dapat diperbaiki lagi seperti penambahan variabel dan jumlah sampel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kualitas Pelaksanaan Pembelajaran, Penguasaan Teori, Ekspektasi Karir
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:05
Last Modified: 20 Jul 2016 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item View Item