IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KKM PEMROGRAMAN WEB KELAS X MULTIMEDIA SMK PALEBON SEMARANG


Zeli Primalia, 5302411129 (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KKM PEMROGRAMAN WEB KELAS X MULTIMEDIA SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411129.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pra penelitian ditemukan masih rendahnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar masih banyak yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM) dalam pembelajaran pemrrograman web di kelas X Multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Reciprocal teaching untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan KKM Pemrograman Web Kelas X Multimedia SMK Palebon Semarang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK Palebon Semarang tahun ajaran 2014/2015, dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) bersifat kolaboratif, dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Model PTK ini berdasarkan model dari Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini menggunakan II siklus dan tiap siklus dua kali pertemuan. Kegiatan tiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, soal-soal evaluasi untuk mengukur hasil belajar siswa, dan lembar observasi (untuk mengukur motivasi belajar siswa) Berdasarkan hasil lembar observasi selama penelitian, menunjukan bahwa rata-rata persentase motivasi belajar pada siklus I adalah 58% dalam kategori baik, rata-rata persentase motivasi belajar pada siklus II 77% dalam kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa kelas X Multimedia SMK Palebon Semarang dilihat dari ketuntasan klasikal pada tes siklus I dan tes siklus II berturut-turut 41% dan 81%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan motivasi belajar dan KKM siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, KKM, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:57
Last Modified: 20 Jul 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item