IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL THROWING GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS VIII SMPN 1 BAWEN


Cindy Fitriani Cahyaningsih, 5302411106 (2015) IMPLEMENTASI METODE SNOWBALL THROWING GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS VIII SMPN 1 BAWEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411106.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan minat siswa pada matapelajaran TIK khususnya pada teori. Hasil belajar dan minat siswa lebih rendah dibandingkan dengan pelajaran berbasis praktik. Siswapun dirasa kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini terjadi karena dengan menggunakan model pembelajaran konvensional siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, digunakanlah metode pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing sehingga suasana belajar mengajar lebih menyenangkan dan diharapkan mampu mencapai tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Penelitian menggunakan sampel dengan pemilihan secara random dari populasi siswa kelas VIII SMPN 1 Bawen menggunakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan control group pre-test posttest. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu pretest, perlakuan dan posttest. Teknik pengumpulan data adalah dengan test dan angket. Hasil penelitian model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata – rata kelas dari nilai pretest dan posttest dari masing-masing kelas. Kenaikan nilai pada kelas eksperimen dalam kriteria sedang pada skor 0.51 sedangkan kelas kontrol memiliki skor 0.297 dengan kriteria rendah sesuai dengan uji gain yang telah dilakukan. Kemudian dibuktikan juga pada uji-t pada taraf kesalahan α = 5% sebesar 4.39 > 2.00, serta adanya peningkatan minat rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran tipe snowball throwing sebesar 20%. Sesuai hasil penelitian diatas dapat disimpulkan perlakuan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan menggunakan model konvensional ceramah. Saran yang berkaitan dengan pembahasan, guru selanjutnya dapat menerapkan pembelajaran yang inovatif serta menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, minat, Snowball Throwing
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2016 00:56
Last Modified: 21 Jul 2016 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23453

Actions (login required)

View Item View Item