KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING DENGAN KOOPERATIF BERBASIS ACTIVE LEARNING PADA POKOK BAHASAN MEMFORMAT DOKUMEN


Muhammad Basyier Ardima , 5302411076 (2015) KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS QUANTUM LEARNING DENGAN KOOPERATIF BERBASIS ACTIVE LEARNING PADA POKOK BAHASAN MEMFORMAT DOKUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411076.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis quantum learning dengan kooperatif berbasis active learning pada pokok bahasan memformat dokumen di MA Al Asror Semarang Jenis penelitian ini adalah pre-test post-test group design. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelompok sampel yang terdiiri dari kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajarn kooperatif berbasis quantum learning. Data pengumpulan dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive randome sampling karena pertimbangan guru dilihat dari nilai hasil ujian semester I bahwa kedua kelas merupakan kelas yang berkemampuan kurang baik dibandingkan dengan kelas lainnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan rata-rata nilai post-test secara signifikan antara kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 setelah keduanya diberikan perlakuan yang berbeda pada materi yang sama. Hasil belajar kognitif diperoleh dari pre-test dan post-test masing-masing kelas eksperimen. Hasil menunjukkan adanya peningkatan dari skor pre-test dan posttest pada kedua kelas eksperimen tersebut dengan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 1 (quantum learning) 40,37 meningkat menjadi 75,71 pada post-test dan kelas eksperimen 2 (active learning) 39,76 meningkat menjadi 74,61. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dilihat dari nilai rata – rata pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning lebih baik dari pada pembelajaran dengan menggunkan Active Learning pada pokok bahasan memformat dokumen di MA Al Asror tahun ajaran 2014/1015. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Quantum Learning (QL) menunjukkan selisih sedikit lebih baik dibandingkan dengan Active Learning (AL).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Quantum learning; Active learning; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:57
Last Modified: 20 Jul 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item View Item