PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA FLASH UNTUK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Implementasi Mata Kuliah Perencanaan dan Strategi Belajar Mengajar

Ambar Yuliana , 5302411010 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA FLASH UNTUK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Implementasi Mata Kuliah Perencanaan dan Strategi Belajar Mengajar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2287Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi media pembelajaran yang diterapkan sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi model-model pembelajaran kooperatif. Cara yang ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Multimedia Flash. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mahasiswa semester 6 yang menempuh mata kuliah Perencanaan dan Strategi Belajar Mengajar (PSBM). Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Tahapannya terdiri dari lima tahapan yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, ujicoba lapangan dan diseminasi terbatas. Pengujian kinerja dengan melakukan Black Box Testing. Pemahaman siswa dapat diketahui dengan pretest dan postest. Peninjau dan penilai dalam penelitian ini adalah dua ahli media dan materi serta 27 mahasiswa untuk mengetahui dampak penerapan media. Lokasi penelitian di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif berupa skor dan persentase. Hasil penelitian ini meliputi: (1) Pembuatan media pembelajaran melalui lima tahap yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, ujicoba lapangan, dan diseminasi terbatas. (2) Pengujian fungsi setelah dilakukan Black Box Testing, diperoleh hasil bahwa media pembelajaran sudah berfungsi dengan baik dan benar, (3) Kelayakan media pembelajaran dapat dilihat dari 2 pengujian yaitu: (a) Berdasarkan validasi ahli media, media pembelajaran ini telah layak digunakan sebagai alternatif media pmebelajaran dengan kategori sangat valid dengan rata-rata persentase 89.77%, (b) Berdasarkan validasi ahli materi, media pembelajaran ini juga telah layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dengan kategori sangat valid dengan rata-rata persentase 86.11%, (4) Data rata-rata pretest siswa sebesar 39% dan untuk posttest sebesar 76%. Dari data tersebut diperoleh skor gain sebesar 0,61 yang masuk dalam kategori sedang untuk peningkatan pemahaman mahasiswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: multimedia flash, media pembelajaran, model pembelajaran kooperatif
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Elektro, D3
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 20 Jul 2016 14:14
    Last Modified: 20 Jul 2016 14:14

    Actions (login required)

    View Item