GAME EDUKASI ANDROID UNTUK BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA Desain, Pembuatan dan Evaluasi Sampel


Cita Puspitasari , 5302411006 (2015) GAME EDUKASI ANDROID UNTUK BELAJAR MEMBACA TANPA MENGEJA Desain, Pembuatan dan Evaluasi Sampel. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411006.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Belajar Membaca Tanpa Mengeja (BMTM) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk belajar membaca. Telah dikembangkan media belajar membaca berupa aplikasi Android yang menerapkan metode BMTM. Namun pada aplikasi tersebut user hanya dapat belajar simbol dan bunyi suku kata saja dan tidak ada halaman permainan yang mengandung elemen-elemen game pada aplikasi tersebut. Aplikasi yang sudah ada akan lebih menarik jika ditambahkan halaman permainan yang mengandung elemen-elemen game. Sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan game edukasi Android yang lebih menarik dan dapat menjadi alternatif media belajar membaca. Tahap pembuatan game edukasi yang dilakukan, dimodifikasi dari metode waterfall yang terdiri dari beberapa tahap. Sebelum game dibuat, dilakukan analisis kebutuhan hardware dan software, kemudian dilakukan desain diagram use case, sequence, activity, antarmuka, animasi, dan narasi/audio. Proses pembuatan game dimulai dari pembuatan objek-objek dua dimensi pada setiap halaman game, sesuai desain antarmuka yang telah dibuat. Setelah objek dibuat, dilakukan pembuatan animasi atau penambahan suara pada objek, sesuai dengan desain yang dibuat. Animasi yang diberikan pada objek-objek tersebut antara lain adalah translasi, skala, dan rotasi objek. Untuk memberikan aksi pada objek yang dibuat, ditambahkan code ActionScript 3.0. Untuk menguji game edukasi dilakukan uji black-box, uji ahli media, uji ahli materi, dan observasi implementasi game edukasi pada 26 siswa TK. Game edukasi yang dihasilkan merupakan game dua dimensi yang terdiri dari 7 level dan 5 menu utama. Game edukasi tersebut mengandung elemenelemen game yaitu: aturan, tujuan, outcomes dan feedback, tantangan, interaksi dan jalan cerita. Hasil uji ahli media menunjukkan tingkat kualitas game edukasi Android yang dikembangkan adalah sangat baik dan hasil uji ahli materi adalah baik. Sedangkan hasil observasi menunjukkan kemampuan membaca siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah kata yang dapat dibaca oleh setiap siswa setelah game edukasi Android diimplementasikan. Dari hasil pengujian, maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai alternatif media belajar membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, perangkat mobile, Android, metode belajar membaca, anak usia dini
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:55
Last Modified: 20 Jul 2016 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23439

Actions (login required)

View Item View Item