SIMULATOR SISTEM TENAGA LISTRIK DOUBLE FEEDER SATU FASA SEBAGAI PENDUKUNG PERKULIAHAN PRAKTIK SISTEM TENAGA LISTRIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNNES


M. Kaanal Miska, 5301411037 (2015) SIMULATOR SISTEM TENAGA LISTRIK DOUBLE FEEDER SATU FASA SEBAGAI PENDUKUNG PERKULIAHAN PRAKTIK SISTEM TENAGA LISTRIK DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411037.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah sistem tenaga listrik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang, tetapi dalam pelaksanaan perkuliahan masih banyak kendala karena laboratorium tidak memikili simulator sistem tenaga listrik sebagai media pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang diperoleh apakah Simulator Sistem Tenaga Listrik Double Feeder Satu Fasa dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah sistem tenaga listrik. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat, memaparkan, dan mengetahui tingkat kelayakan dari Simulator Sistem Tenaga Listrik Double Feeder Satu Fasa. Metode penelitian yang digunakan adalam metode penelitian eksperimen karena data yang digunakan bersumber dari penelitian laboratorium. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah ngket Angket (Kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Simulator Sistem Tenaga Listrik Double Feeder Satu Fasa dapat dibuat dan berfungsi suai dengan yang diharapkan, serta berdasarkan uji kelayakan kepada pengguna menunjukkan bahwa Simulator Sistem Tenaga Listrik Double Feeder Satu Fasa layak sebagai media pembelajaran pada mata kuliah sistem tenaga listrik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang dinilai dari aspek kelayakan dan kinerja dapat disimpulkan Simulator Sistem Tenaga Listrik Double Feeder Satu Fasa dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada perkuliahan praktik sistem tenaga listrik. Peneliti menyarankan agar dosen dapat menggunakan Simulator Sistem Tenaga Listrik Double Feeder Satu Fasa sebagai media pembelajaran pada perkuliahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: eksperimen, simulator, sistem tenaga listrik double feeder satu fasa.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:16
Last Modified: 20 Jul 2016 18:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23436

Actions (login required)

View Item View Item