KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM REM


Akid Tyadhuha Edrus, 5201411095 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM REM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201411095.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran dan memberikan implikasi pada keberlanjutan penerimaan materi dan kemampuan siswa. Salah satu model yang sesuai untuk mengajarkan materi memelihara sistem rem adalah model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video. Penggunaan model ini mengharapkan siswa dapat memecahkan masalah dan mengembangkan pendapat untuk menyelesaikan masalah. Jadi siswa diharapkan tidak hanya sekedar menghafal materi tetapi juga mampu berpikir untuk memecahkan suatu permasalahan dan mampu menyelesaikan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan media video efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dengan berbantuan media video dalam meningkatkan kompetensi dasar memelihara sistem rem kelas XI TKR di SMK Wisudha Karya Kudus tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pola pre test – post test group design, yaitu adanya pre test dan post test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan jalan menggunakan satu kelas yang mengikuti mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan dengan pemberian pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung media gambar. Pemberian perlakuan menggunakan dilakukan setelah pre test dan sebelum post test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil thitung = 11,796 > ttabel = 1,67 yang menunjukkan adanya peningkatan. Dengan Uji gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,62 (sedang), sedangkan peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 0,20 (rendah). Hal ini dapat memberikan bukti bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video efektif digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kompetensi dasar memelihara sistem rem. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Video, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia D3
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:57
Last Modified: 20 Jul 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23432

Actions (login required)

View Item View Item