EKSPERIMEN ALAT PERAGA SISTEM PENGISIAN BERBASIS LED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMELIHARA SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL PADA MOBIL

Ahmad Najib Priyanto , 5201411075 (2015) EKSPERIMEN ALAT PERAGA SISTEM PENGISIAN BERBASIS LED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMELIHARA SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL PADA MOBIL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (2172Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan alat peraga sistem pengisian berbasis LED, untuk mengetahui keaktifan peserta didik ketika digunakan alat peraga sistem pengisian berbasis LED dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan alat peraga sistem pengisian yang dipakai di sekolah dengan peserta didik yang menggunakan alat peraga sistem pengisian berbasis LED. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan pola posttestonly control design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK N 1 Adiwerna tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Sampel diambil dengan menggunakan metode random, kemudian diperoleh dua kelas, kelas XI TKR 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI TKR 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik masing-masing 32. Kelas kontrol memperoleh pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sistem pengisian yang dipakai di sekolah dan kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sistem pengisian berbasis LED. Hasil penelitian 1) alat peraga sistem pengisian berbasis LED sangat layak sebagai alat bantu pembelajaran, 2) hasil penilaian keaktifan peserta didik yang menggunakan alat peraga sistem pengisian berbasis LED (kelas kontrol) sangat aktif dalam proses pembelajaran, 3) ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan alat peraga sistem pengisian berbasis LED (kelas eksperimen) dengan peserta didik yang menggunakan alat peraga sistem pengisian yang dipakai di sekolah (kelas kontrol) karena dari hasil diuji t menghasilkan bahwa nilai thitung = 2,69 lebih besar daripada ttabel = 1,6702. Ratarata hasil belajar kelas eksperimen 88,15 dan hasil belajar kelas kontrol 84,10. Saran sebaiknya pendidik menggunakan alat peraga sistem pengisian berbasis LED sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar dan pendidik dapat mengembangkan alat peraga pada materi lain dengan LED. Alat peraga sistem pengisian ini perlu dikembangkan lagi yaitu dengan menambahkan alat untuk mengatur putaran mesin sehingga alat dapat digunakan dengan lebih baik lagi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: alat peraga, sistem pengisian berbasis LED, media pembelajaran
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 20 Jul 2016 13:54
    Last Modified: 20 Jul 2016 13:54

    Actions (login required)

    View Item