PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN


Farih Fadhila, 4401411119 (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411119.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran dengan melibatkan peserta didik pada masalah kontekstual. Hasil observasi di SMP N 1 Brangsong menunjukkan bahwa PBL pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan belum digunakan oleh guru dan keterampilan proses sains belum sepenuhnya dikembangkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PBL pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkunganya terhadap keterampilan proses sains. Penelitian ini menggunakan desain One shot Case Study. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII sebanyak 9 kelas. Sampel diambil menggunakan purposive sampling dengan kelas VII F dan VII G. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu penerapan PBL, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil kemampuan kognitif dan perolehan keterampilan proses sains peserta didik. Data diambil menggunakan metode non tes melalui lembar observasi keterampilan proses sains dan metode tes untuk mengetahui kemampuan kognitifnya, lembar observasi keterlaksanaan PBL, angket tanggapan peserta didik dan lembar wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ≥80% peserta didik memiliki keterampilan proses sains dengan kriteria terampil dan sangat terampil, kemampuan kognitif menunjukkan ≥80% diatas KKM (75). Hasil tanggapan peserta didik secara umum menunjukkan kriteria sangat baik. Secara umum guru memberikan masukan yang positif terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan penerapan PBL pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan memberikan pengaruh yang positif terhadap keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan proses sains, Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan, Problem Based Learning
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:02
Last Modified: 20 Jul 2016 18:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item View Item