EFEKTIVITAS STRATEGI BIOEDUTAINMENTMENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY(CRH) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SMA


Khuriyatun Khasanah , 4401411086 (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI BIOEDUTAINMENTMENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY(CRH) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411086.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian sebelumnya antara lain menurut Suryorini et al. (2013) menunjukkan bahwa guru masih kurang melakukan inovasi dalam pembelajaran biologi disekolah, sehingga membuat siswa cenderung pasif dan cepat bosan, termasuk pada pembelajaran materi sistem ekskresi. Perlu strategi pembelajaran yang membuat siswa aktif, salah satu alternatifnya adalah dengan menerapkan strategi bioedutainment. Salah satu model pembelajaran dalam bioedutainment adalah model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Agar lebih efektif model Course Review Horay (CRH) menggunakan media puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi bioedutainment menggunakan model Course Review Horay (CRH) berbantuan media puzzle pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015 di SMA Negeri 1 Sumpiuh dengan rancangan pre experimental design dengan desain one shot case study. Populasi terdapat lima kelas XI-IPA, kemudianl diambil tiga kelas untuk sampel yaitu XI-IPA-1, XI-IPA3 dan XIIPA4. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Siswa diberi perlakuan dengan menerapkan strategi bioedutainment menggunakan model Course Review Horay (CRH) berbantuan media puzzle pada materi sistem ekskresi manusia yang di dalamnya terdapat kegiatan pembelajaran yang menyenangkan antara lain senam fantasi, pemutaran video, praktikum uji urin, pengerjaan LKS CRH dan penyusunan puzzle. Efektifitas penerapan strategi ini diukur dari aktivitas siswa mencapai 85% dan hasil belajar siswa mencapai 75%. Data aktivitas diperoleh melalui lembar observasi dan data hasil belajar diperoleh melalui nilai LKS, nilai evaluasi dan nilai tugas (laporan praktikum dan makalah). Hasil penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata tingkat keaktivan siswa mencapai 94%. Ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 92%. Penerapan strategi bioedutainment menggunakan model Course Review Horay (CRH) berbantuan media puzzle efektif diterapkan dalam pembelajaran, karena aktivitas dan hasil belajar siswa telah melampaui indikator yang telah ditentukan, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Guru dan siswa memberikan tanggapan yang baik terhadap proses pembelajaran tersebut. Penerapan strategi bioedutainment menggunakan model Course Review Horay (CRH) berbantuan media puzzle efetif diterapkan dalam pembelajaran sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi bioedutainment, model Course Review Horay (CRH), puzzle
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:54
Last Modified: 20 Jul 2016 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23426

Actions (login required)

View Item View Item