EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP


Novi Vidiantoro Kondang , 4401411021 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411021.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di MTs NU Ungaran menggunakan metode konvensional dengan metode ceramah dan menggunakan LKS yang beredar secara umum, sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa masih kurang. Hal ini ditunjukkan hanya 60% siswa yang mencapai ketuntasan klasikal (KKM 70). Pembelajaran berbasis inkuiri dapat mendorong kemampuan siswa untuk melakukan penyelidikan melalui kegiatan pengamatan dan observasi, sehingga penggunaan model pembelajaran guided inquiry diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran. Penggunaan LKS berbasis guided inquiry merupakan solusi dalam menunjang kegiatan pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif melalui kegiatan pengamatan dan observasi secara langsung di lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental menggunakan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa, aktivitas siswa, tanggapan siswa dan tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen (78,51) dan kelas kontrol (74,09) dengan (thitung = 2,786 dengan dk = 71 dan tTabel = 1,671). Karena thitung > tTabel, maka nilai akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan pada taraf signifikan 5 %. Aktivitas siswa rata-rata pada kelas eksperimen mencapai kriteria aktivitas sangat aktif dengan rata-rata persentase 82,5%, sedangkan kelas kontrol mencapai kriteria aktif dengan rata-rata persentase 74%. Siswa dan guru memberikan tanggapan kategori baik dengan persentase 90% dan 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian di maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berbasis guided inquiry efektif diterapkan pada materi keanekaragaman makhluk hidup di MTs NU Ungaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS Berbasis Guided Inquiry, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:54
Last Modified: 20 Jul 2016 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23424

Actions (login required)

View Item View Item