PENGEMBANGAN MAJALAH BIOSMART INVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA


Eka Kurniawati, 4401411009 (2015) PENGEMBANGAN MAJALAH BIOSMART INVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411009.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran biologi pada kelas X SMA N 1 Kejobong, Purbalingga sudah cukup baik, metode pembelajaran yang digunakan tidak selalu ceramah tetapi juga diselingi dengan diskusi dan praktikum. Walaupun demikian belum tersedia sumber belajar yang baik, khususnya pada materi Invertebrata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi Invertebrata yang valid, efektif, dan dapat diterapkan dalam bentuk majalah. Majalah biosmart Invertebrata dikembangkan dari hasil telaah pustaka buku teks biologi, hasil penelitian, artikel, dan sumber-sumber lain dari internet. Pengembangan majalah dikhususkan pada materi Invertebrata yang mengacu pada standar isi, bahasa yang digunakan yaitu bahasa Indonesia yang komunikatif. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Tahap-tahap penelitian meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data mengenai materi Invertebrta melalui study pustaka, pembuatan desain majalah biosmart, validasi desain oleh pakar materi dan pakar media, revisi desain tahap I, uji coba skala kecil menggunakan 5 siswa kelas XI IPA 3, revisi tahap II, uji coba skala besar menggunakan 20 siswa XI IPA 3 dan uji penerapan lapangan di kelas XA SMAN 1 Kejobong, Purbalingga. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah validitas majalah oleh ahli pakar materi dan media, penilaian siswa terhadap majalah, hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan tanggapan guru terhadap majalah yang dikembangkan. Data tersebut dianalisis dengan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah biosmart Invertebrata layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas X SMA N 1 Kejobong. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi pakar media sebesar 81,4%; pakar substansi 84%; tanggapan siswa (87%) dan guru (95%) menunjukkan kriteria sangat valid, ketuntasan klasikal siswa kelas eksperimen sebesar 96% sedangkan kelas kontrol belum tercapai yaitu hanya 66%, dan persentase keaktifan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol tergolong aktif yaitu 75 % siswa masuk dalam kriteria aktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa majalah biosmart invertebrata layak digunakan sebagai sumber belajar dan efektif diterapkan dalam pembelajaran kelas X SMA N 1 Kejobong karena majalah biosmart dilengkapi dengan informasi tambahan seperti bio info, microbial disease, bio interpeneur, diskusi, jelajah pustaka, gambar-gambar Invertebrata, asah otak, dan setiap awal Filumdilengkapi dengan apersepsi sehingga memudahkan siswa. Saran dari guru agar ditambahkan kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Majalah biosmart, invertebrata, sumber belajar.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:14
Last Modified: 20 Jul 2016 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23423

Actions (login required)

View Item View Item