EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF


Sofiah, 4401411003 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401411003.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Materi Sistem Saraf manusia merupakan materi yang membahas tentang fisiologis makhluk hidup. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa agar memiliki kreativitas berfikir, pemecahan masalah, dan interaksi serta membantu dalam penyelidikan yang mengarah pada penyelesaian masalah nyata adalah Project Based Learning (PjBL). Metode diskusi yang dapat membantu untuk mencurahkan pendapat adalah Brainstorming. Proses investigasi dalam pembelajran PjBL mampu meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Model Project Based Learning dengan Brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran sistem saraf. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 2 Rembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dan didapatkan sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Hasil uji perbedaan dua rata-rata posttest menunjukkan thitung6,36 ≥ 1,671 terdapat perbedaan rata-rata. Hasil analisis keterampilan berpikir siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa 86,11% siswa memperoleh nilai ≥75 dengan kategori tinggi, sementara kelas kontrol sebesar 25% yang memperoleh kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa PjBL dengan Brainstorming dapat mencapai indikator keefektivan karena hasil Uji t perbedaan dua rata-rata posttest menunjukkan adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan ≥75% siswa mencapai nilai ≥85. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Project Based Learning dengan Brainstorming efektif terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran sistem saraf.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, brainstorming, PjBL, sistem saraf
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:54
Last Modified: 20 Jul 2016 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23421

Actions (login required)

View Item View Item