PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JARINGAN HEWAN SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA


Armya Aisyah Kinanti , 4401410089 (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF JARINGAN HEWAN SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401410089.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Materi jaringan hewan merupakan materi yang cukup rumit untuk dipelajari karena ukuran dari objek yang diamati sangat kecil. Objek dapat diamati melalui kegiatan pengamatan preparat awetan jaringan hewan secara langsung dengan menggunakan mikroskop, namun tidak semua sekolah dapat melakukan kegiatan pengamatan dikarenakan keterbatasan peralatan dan waktu. Kegiatan pengamatan pun belum sepenuhnya bisa menjamin seluruh siswa mendapatkan pemahaman dan persepsi yang tepat dan sama dari suatu konsep. Multimedia interaktif jaringan hewan dikembangkan sebagai pelengkap atau suplemen untuk studi struktur dan fungsi jaringan hewan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan multimedia interaktif jaringan hewan, mengetahui karakteristiknya, dan untuk mengetahui efektifitasnya saat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran Biologi di SMA. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode research and development (R&D). Langkah-langkah R&D yang dijadikan acuan yaitu langkahlangkah R&D Sugiyono (2013). Identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, uji keterterapan dan uji pemakaian media dilakukan di SMAN 2 Magelang. Hasil identifikasi potensi dan masalah serta pengumpulan data menunjukkan bahwa multimedia interaktif jaringan hewan perlu dikembangkan. Hasil validasi desain produk multimedia interaktif menunjukkan persentase penilaian oleh ahli materi dan ahli media yaitu 94,2% dan 97,7% (sangat layak). Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari kedua kelas antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif menunjukkan peringkat sedang. Hasil belajar siswa saat post test menunjukkan bahwa 96,43% siswa kelas XI MIA 1 dan 85,19% siswa kelas XI MIA 2 tuntas dalam belajarnya. Hasil analisis aktivitas siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dari kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 memiliki aktivitas yang tinggi saat pembelajaran berlangsung. Tanggapan guru dan sebagian besar siswa terhadap penerapan multimedia interaktif jaringan hewan sebagai suplemen pembelajaran adalah sangat baik. Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif jaringan hewan sebagai suplemen pembelajaran Biologi di SMA telah berhasil dikembangkan melalui sembilan tahapan; multimedia interaktif ini berisikan beberapa komponen media yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda, format sajian dari multimedia interaktif ini adalah tutorial dengan struktur navigasi nonlinier; dan multimedia interaktif jaringan hewan yang dikembangkan efektif digunakan sebagai suplemen pembelajaran Biologi di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, Jaringan hewan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QL Zoology
Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 18:14
Last Modified: 20 Jul 2016 18:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23420

Actions (login required)

View Item View Item