KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GGE TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA


Avrina Safitri , 4301411073 (2015) KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GGE TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411073.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian komparasi bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan ketuntasan belajar antara kelas eksperimen I dengan metode pembelajaran aktif tipe GGE berbasis PBL dan kelas eksperimen II dengan metode pembelajaran aktif tipe GGE. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terambil kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Desain penelitian ini adalah posttest group design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan posttest, dokumentasi, observasi dengan lembar observasi afektif dan psikomotorik Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berturut-turut adalah 75,79 dan 80,28. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata dan uji ketuntasan belajar. Hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung -2,205 lebih kecil dari tkritis 1,995 dengan taraf signifikansi 5%, yang berarti ada perbedaan signifikan antara penggunaan metode belajar aktif tipe GGE berbasis PBL dengan metode belajar aktif tipe GGE. Kelas ekperimen I diperoleh thitung 0,56 lebih kecil dari tkritis 2,03 sehingga H0 diterima berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I belum mencapai ketuntasan belajar. Kelas eksperimen II diperoleh, thitung 3,61 lebih besar dari tkritis 2,03 sehingga H0 ditolak berarti rata-rata hasil belajar kelas eksperimen II sudah mencapai ketuntasan belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: GGE; ketuntasan belajar; komparasi; PBL
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 17:57
Last Modified: 20 Jul 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23417

Actions (login required)

View Item View Item