IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA “KONSERVASI” UNTUKMENUMBUHKAN KARAKTER SISWA

Widiyatmoko, Arif (2014) IMPLEMENTASI MODUL PEMBELAJARAN IPA TEMA “KONSERVASI” UNTUKMENUMBUHKAN KARAKTER SISWA. In: SEMINAR NASIONAL ”KONSERVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA”, 22 Maret 2014, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (141Kb)

    Abstract

    Pembelajaran konservasi dan lingkungan mutlak diperlukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian sumber daya alam khususnya di Indonesia. Mata pelajaran IPA di SMP adalah salah satu cara untuk membelajarkan kelestarian lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan modul pembelajaran IPA di SMP tema “konservasi” untuk menumbuhkan karakter siswa yang cinta alam. Penelitian ini menggunakan jenis pre-post experimental desain. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII B SMP Negeri 30 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan rata-rata nilai pre-test ke post-test sebesar 55 menjadi 75. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 25% menjadi 90%. Nilai karakter siswa yang cinta alam mengalami peningkatan, yaitu dari kategori baik sekali meningkat dari 20% menjadi 55%, untuk kategori baik meningkat dari 20 menjadi 25%. Sedangkan kategori cukup menurun dari 22,5% menjadi 17,5% dan kategori kurang menurun dari 37,5% menjadi 2,5%.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
    Date Deposited: 08 Feb 2016 15:10
    Last Modified: 08 Feb 2016 15:10

    Actions (login required)

    View Item