PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KARAKTER DAN KONSERVASI PADA BAHAN AJAR MATA KULIAH MORPHOSYNTAXE UNTUK MAHASISWA SASTRA DAN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FBS UNNES

Urip, Sri Rejeki (2014) PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KARAKTER DAN KONSERVASI PADA BAHAN AJAR MATA KULIAH MORPHOSYNTAXE UNTUK MAHASISWA SASTRA DAN PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS FBS UNNES. In: SEMINAR NASIONAL ”KONSERVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA”, 22 Maret 2014, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (304Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Unsur-unsur apa sajakah yang dibutuhkan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Morphosyntaxe berbasis nilai-nilai karakter dan konservasi untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES?, (2) Bagaimanakah bahan ajar mata kuliah Morphosyntaxe yang berbasis nilanilai karakter dan konservasi dikembangkan untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES?, (3) Hal-hal apakah yang ditemukan ketika draf bahan ajar digunakan di kelas sebagai uji coba terbatas? Temuan-temuan ini digunakan sebagai perbaikan draft bahan ajar. Tujuan utama dari penelitian dan pengembangan ini adalah membuat bahan ajar untuk mata kuliah Morphosyntaxe yang mengintegrasikan nilainilai karakter konservasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R & D), dengan menggunakan 3 tahap, yakni (1) Tahap Eksplorasi, (2) Tahap Pengembangan, dan (3) Tahap Uji Terbatas. Sumber data penelitian ada para pejabat di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing dan 46 mahasiswa prodi Sastra Prancis dan Pendidikan Bahasa Prancis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pejabat di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing serta mahasiswa membutuhkan bahan ajar untuk mata kuliah Morphosyntaxe yang berbasis nilai-nilai konservasi dan pendidikan karakter dengan karakteristik bahwa semua nilai konservasi, dan karakter diintegrasikan. (2) Draft bahan ajar dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, yang kemudian diujicobakan di kelas yang terbatas. Temuantemuan di kelas digunakan untuk merevisi draf bahan ajar. (3) Bahan ajar divalidasi oleh pakar bahan ajar/buku ajar dari UNS. Bahan ajar untuk mata kuliah Morphosyntaxe Berbasis Berbasis Nilai-nilai Karakter dan Konservasi untuk Mahasiswa Sastra dan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNNES bermanfaat untuk dua tujuan, yakni mahasiswa menguasai konsep-konsep Morphosyntaxe dan mendapatkan pengetahuan mengenai nilai-nilai konservasi dan karakter.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
    Date Deposited: 08 Feb 2016 14:50
    Last Modified: 08 Feb 2016 14:50

    Actions (login required)

    View Item