KEEFEKTIVAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD DENGAN MEMANFAATKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN BERBASIS KONSERVASI


Hidayah, Isti and Wijaya, M. Burhan Rubai (2014) KEEFEKTIVAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD DENGAN MEMANFAATKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN BERBASIS KONSERVASI. In: SEMINAR NASIONAL ”KONSERVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA”, 22 Maret 2014, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Isti_Hidayah_1)_dan_M._Burhan_Rubai_Wijaya.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran Matematika dengan alat bantu pembelajaran berbasis konservasi terhadap aktivitas dan sikap konservasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas 5 SD Patemon Negeri 01 Kecamatan Gunungpati Semarang. Penelitian dilakukan dengan one group pre-post desain. Variabel penelitiannya adalah aktivitas dan sikap konservasi peserta didik dalam pembelajaran Matematika dengan alat bantu berbasis konservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar materi (kompetensi dasar) baik dalam pembelajaran Matematika dapat dirancang sebagai pembelajaran dengan menggunakan alat bantu pembelajaran berbasis konservasi (antara lain: biji-bijian, pemanfaatan limbah, permainan ”Dakon” atau ”Congklak”, pemanfaatan koran/majalah bekas, bungkus bekas berbentuk bangun-bangun geometri); (2) melalui pembelajaran Matematika dengan alat bantu berbasis konservasi dapat meningkatkan skor aktivitas peserta didik dan sikap konservasi peserta didik; dan (3) gain keefektivan pembelajaran Matematika dengan menggunakan alat bantu pembelajaran berbasis konservasi dengan kategori sedang. Dari hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian ini, disarankan agar guru bersama LPTK sebagai pendamping dapat terus mengembangkan rancangan pembelajaran dan sekaligus mengimplementasikannya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
Date Deposited: 08 Feb 2016 19:04
Last Modified: 08 Feb 2016 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23408

Actions (login required)

View Item View Item