PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN TGT PMRI KONSERVASI BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL DAERAH


Wardono, - and Febrian Dheny Wawan, - (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN TGT PMRI KONSERVASI BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL DAERAH. In: SEMINAR NASIONAL ”KONSERVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA”, 22 Maret 2014, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Wardono_dan_DhenyWawan_Febrian.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran TGT pendekatan PMRI konservasi budaya permainan tradisional daerah ditandai dengan jawaban pertaanyaan (1) Apakah hasil belajar kemampuan berpikir kreatif dengan pembelajaran TGT pendekatan PMRI konservasi budaya permainan tradisional daerah mencapai KKM (2) Apakah rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran TGT pendekatan PMRI konservasi budaya permainan tradisional daerah lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran ekspositori, (3) Apakah rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran TGT pendekatan PMRI konservasi budaya permainan tradisional daerah dapat dikategorikan dalam kategori berpikir kreatif tingkat tinggi, (4) Apakah kualitas pembelajaran pada pembelajaran TGT pendekatan PMRI konservasi budaya permainan tradisional daerah dalam kategori baik. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN1 Karangawen. Pemilihan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih 36 siswa pada kelas eksperimen dengan pembelajaran TGT pendekatan PMRI konservasi budaya permainan tradisional daerah dan 36 siswa pada kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji proporsi serta uji beda rata-rata dan statistik deskriftif. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif pada kedua sampel penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memenuhi KKM klasikal, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dalam kategori tinggi, serta kualitas pembelajaran yang berlangsung dalam kategori baik sehingga disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
Date Deposited: 08 Feb 2016 18:48
Last Modified: 17 Apr 2023 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23407

Actions (login required)

View Item View Item