ANALISIS BUKU AJAR IPA YANG DIGUNAKAN DI SEMARANG BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS

Rusilowati, Ani (2014) ANALISIS BUKU AJAR IPA YANG DIGUNAKAN DI SEMARANG BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS. In: SEMINAR NASIONAL ”KONSERVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA”, 22 Maret 2014, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (140Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis buku ajar IPA yang digunakan di Semarang berdasarkan muatan literasi sains. Penelitian menganalisis buku berdasarkan muatan aspek literasi sains yaitu (1) pengetahuan sains, (2) penyelidikan hakikat sains, (3) sains sebagai cara berpikir, dan (4) interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat. Objek penelitian ini adalah buku ajar IPA SMP. Populasi penelitian adalah seluruh materi pada 9 buku ajar IPA yang dianalisis. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik multistage sampling. Tahap pertama memilih bab sebanyak 20% dari setiap buku yang dianalisis dan tahap kedua adalah pemilihan halaman sebanyak 20% dari setiap bab yang dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan ketidakseimbangan proporsi aspek literasi sains yang dimuat dalam buku. Semua buku ajar yang dianalisis lebih menekankan pada pengetahuan sains yaitu menyajikan fakta, konsep, prinsip, hukum, hipotesis, teori, dan model.Aspek interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat memilipi proporsi paling rendah, bahkan ada buku yang tidak menyajikannya sama sekali.

    Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
    Uncontrolled Keywords: analisis, buku ajar, literasi sains
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
    Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
    Date Deposited: 08 Feb 2016 07:13
    Last Modified: 08 Feb 2016 07:15

    Actions (login required)

    View Item