PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA SEMARANG


Bugar Jati Lestari , 5302411047 (2015) PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI  PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM  KOTA SEMARANG ]
Preview
PDF (PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENILAIAN KESEHATAN KOPERASI PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM KOTA SEMARANG ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pengelolaan penilaian kesehatan Koperasi di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang saat ini masih kurang efektif. Pengarsipan data tidak dilakukan secara digital dan terpadu. Oleh karena itu, pembuatan Sistem Informasi berbasis web untuk mengelola penilaian kesehatan Koperasi di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang sangat dibutuhkan. Sistem yang dikembangkan diharapkan dapat mengelola hasil penilaian kesehatan koperasi serta mampu memberikan sistem pengarsipan secara digital dan terpadu. Pembuatan sistem informasi ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) waterfall. Tahapan yang ada dalam metode ini antara lain, tahapan perencanaan, analisis, desain, implemetasi, pengujian, dan pemeliharaan. Proses perencanaan dan analisis pada penelitian ini melibatkan beberapa pakar sebagai narasumber dan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia sebagai acuan. Proses desain menggunakan metode pendekatan terstruktur dengan alat bantu Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD) dan flowchart. Setelah proses desain selesai dilanjutkan dengan implementasi yaitu proses realisasi perencanaan, analisis dan desain yang telah dibuat. Proses ini menggunakan bahasa pemrograman PHP. Tahap pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan black-box testing dan analisis Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service (PIECES). Hasil penelitian ini adalah sebuah Sistem Informasi Penilaian Kesehatan Koperasi. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan prosedur dan metode yang telah dijelaskan, maka dapat dihasilkan sistem informasi untuk pengelolaan Penilaian Kesehatan Koperasi di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang dimana admin Dinas Koperasi dapat memasukkan, menyimpan, mengubah, mencetak, dan menghapus data penilaian kesehatan koperasi dan admin koperasi dapat melihat histori hasil penilaian kesehatan yang diikuti secara online, sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hasil pengujian dari Sistem Informasi Penilaian Kesehatan Koperasi pada black-box testing dan analisis PIECES dinyatakan bahwa sistem sudah termasuk dalam kategori sangat baik, dan layak digunakan sebagai Sistem Informasi Penilaian Kesehatan Koperasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SIM, Penilaian Kesehatan Koperasi, SDLC, waterfall, blackbox, Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service (PIECES).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Feb 2016 16:12
Last Modified: 05 Feb 2016 16:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23399

Actions (login required)

View Item View Item