PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI MELALUI BERMAIN KASTUL BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 01 SEMARANG


Septa Reza Aditia , 6102411025 (2016) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI MELALUI BERMAIN KASTUL BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI MELALUI BERMAIN KASTUL BAGI SISWA  KELAS V SD NEGERI NGIJO 01 SEMARANG   ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI MELALUI BERMAIN KASTUL BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 01 SEMARANG ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan pengamatan adalah kurangnya pengembangan pembelajaran penjasorkes. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan pembelajaran permainan kastul dalam Penjasorkes bagi siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan pembelajaran permainan kastul bagi siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01 Semarang Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi,termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa bentuk kegiatan permainan kasti), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan lembar evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil, (5) uji coba skala besar, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi pembelajaran permainan kastul. Data hasil penelitian berupa kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran), uji coba I (19 siswa), dan uji coba II (19 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data uji coba I yaitu ahli penjas 77% (baik), ahli pembelajaran I 77% (baik) dan ahli pembelajaran II 86.6% (baik), kognitif 80.5% (baik), afektif 71 (baik), psikomotor 75% (baik) dan denyut nadi 48% (cukup baik). Uji coba II yaitu ahli penjas 92 % (sangat baik), ahli pembelajaran I 93% (sangat baik), ahli pembelajaran II 96% (sangat baik), kognitif 84% (baik), afektif 84% (baik), psikomotor 82% (baik) dan denyut nadi 50% (cukup baik) . Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan pembelajaran penjasorkes melalui permainan kastul ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Ngijo 01 Semarang. Berdasarkan kajian dan saran, dapat disimpulkan bahwa permainan kasti layak di gunakan sebagai pembelajaran penjasorkes melalui permainan kastul yang efektif dan nyaman, sehingga dapat diterapkan sebagai model pembelajaran dalam pembelajaran penjasorkes. Disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri Ngijo 01 Semarang dapat menggunakan produk model permainan kastul dalam proses pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Permainan Kastul
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Feb 2016 12:15
Last Modified: 05 Feb 2016 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23395

Actions (login required)

View Item View Item