PENERAPAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2015/2016
Moch. Ulil Azmi , 6102411052 (2015) PENERAPAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA PADA PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2015/2016 )
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah dalam kurikulum 2013 guru dituntut untuk mempelajari buku pegangan yang diterbitkan oleh pemerintah kaitannya dengan pemetaan indikator dan kesesuaian antara kompetensi dasar dengan indikator. Tetapi pada kenyataannya di sekolah guru belum spenuhnya menggunakan acuan buku guru. Karena dalam proses pembelajaran guru masih merasa bingung menggunakan buku tersebut seperti evaluasi pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yang dihadapi adalah bagaimana penerapan buku guru dan buku siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas V semester I di SD Negeri Se-Kecamatan Bumiayau Kabupaten Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan buku guru dan buku siswa di SD Negeri Se-Kecamatan Bumiayau Kabupaten Brebes tahun 2015/2016. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian dengan memberikan gambaran tentang fakta-fakta aktual di lapangan. Analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif persentase untuk siswa. Objek penelitian berjumlah 4 sekolah, 2 di perkotaan dan 2 di pedesaan. Masingmasing sekolah terdiri dari 3 responden, yaitu kepala sekolah, guru penjasorkes, dan siswa. Yang berjumlah 4 kepala sekolah, 4 guru penjasorkes 1 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa, penerapan buku guru dan buku siswa di SD Negeri Se-Kecamatan Bumiayu sudah berjalan baik, prosentase penggunaan buku guru disekolah yaitu 75%, dalam penerapan pemetaan indikator, materi pembelajaran, metode dan pendekatan pembelajaran dan kesesuaian buku guru dan buku siswa sudah dilaksanakan, untuk proses pelaksanaan pembelajaran guru sudah menjalankan dengan ketentuan yang ada, akan tetapi pada evaluasi pembelajaran guru hanya menggunakan penilaian keterampilan untuk menilai siswa karena guru masih merasa bingung dalam penerapan penilaian pengetahuan dan penilaian sikap, permasalahan yang dihadapi siswa jumlah buku dan materi pembelajaran kurang menarik. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpukan dari penelitian ini adalah penerapan buku guru dan buku siswa sudah berjalan dengan baik sesuai aturan pemerintah, perlu adanya penyuluhan tentang evaluasi pembelajaran kepada guruguru yang terkait dan pembagian buku guru dan buku siswa perlu ditambah lagi agar guru dan siswa mempunyai semua pegangan buku
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Buku Guru dan Buku Siswa, Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 10:45 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 10:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23394 |
Actions (login required)
View Item |