ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP KESESUAIAN MODUL BAHASA JEPANG SMA/SMK/MA DENGAN KURIKULUM 2013

Anggraini Probo Sasanti , 2302411045 (2015) ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP KESESUAIAN MODUL BAHASA JEPANG SMA/SMK/MA DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PERSEPSI GURU TERHADAP KESESUAIAN MODUL BAHASA JEPANG SMA/SMK/MA DENGAN KURIKULUM 2013 ) - Published Version
Download (1006Kb)

    Abstract

    Bahan ajar merupakan salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam pembelajaran. Keberadaan bahan ajar dapat mengoptimalkan kegiatan belajar dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Pentingnya keberadaan bahan ajar menjadikan guru sebagai tenaga pendidik harus cermat dalam memilih suatu bahan ajar. Di kabupaten Sukoharjo, bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Jepang pada penerapan Kurikulum 2013 adalah Modul Bahasa Jepang untuk SMA yang dibuat oleh MGMP Bahasa Jepang Sukoharjo. Di kabupaten Sukoharjo sendiri ada beberapa sekolah yang masih menggunakan Kurikulum 2013 dan KTSP. Berdasarkan wawancara dari 5 guru bahasa Jepang di Sukoharjo, kelima guru tersebut menggunakan bahan ajar yang berbeda. Ada sekolah yang menerapkan Kurikulum KTSP namun untuk pembelajaran masih menggunakan modul bahasa Jepang K-13, namun ada pula sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 tetapi bahan ajar yang digunakan bukan modul bahasa Jepang melainkan buku Sakura 2. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presepsi guru mengenai tingkat kesesuaian Modul bahasa Jepang dengan Kurikulum 2013 dalam aspek materi/isi,penyajian,kebahasaan,kegrafikan menurut standar BSNP 2013.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara angket. Angket diberikan kepada 5 guru bahasa Jepang di Sukoharjo yang sedang atau pernah menggunakan modul bahasa Jepang Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat kesesuaian isi/ materi masuk kategori cukup sesuai, lalu tingkat kesesuaian penyajian masuk kategori sangat sesuai, pada tingkat kesesuaian kebaahasaan masuk kategori sangat sesuai, tetapi tingkat kesesuaian kegrafikan pada modul masuk kategori sesuai. Sehingga modul bahasa Jepang yang digunakan sesuai dengan Kurikulum 2013 karena presentase rata- rata terakhir yaitu 75,7% dengan presentase kesesuaian tertinggi pada aspek kebahasaan yaitu 88,5%.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru, Modul, Modul bahasa Jepang, Kurikulum 2013
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    P Language and Literature > PB Modern European Languages
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 04 Feb 2016 13:39
    Last Modified: 04 Feb 2016 13:39

    Actions (login required)

    View Item