MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN ESGRANGTOK UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI ULUJAMI PEMALANG TAHUN 2015


ADITYA PANDU PRATAMA , 6102411002 (2011) MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN ESGRANGTOK UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI ULUJAMI PEMALANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN ESGRANGTOK UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV  SD NEGERI DI ULUJAMI PEMALANG  TAHUN 2015]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN PERMAINAN ESGRANGTOK UNTUK PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI ULUJAMI PEMALANG TAHUN 2015) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil observasi dan pengamatan adalah kurangnya ranah pengembangan pembelajaran penjasorkes. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan Permainan ESGRANGTOK untuk Pembelajaran Gerak Dasar Manipulatif pada siswa kelas IV SD Negeri di Ulujami Pemalang Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Model Pengembangan Permainan ESGRANGTOK untuk Pembelajaran Gerak Dasar Manipulatif pada siswa kelas IV SD Negeri di Ulujami Pemalang Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur yang digunakan peneliti yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan ESGRANGTOK), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil dilakukan 19 siswa. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba kelompok besar dilakukan 120 siswa, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, (7) hasil akhir model permainan ESGRANGTOK bagi siswa kelas IV yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 65% (cukup baik). Hasil rata-rata kuesioner dan pengamatan siswa pada uji coba kelompok kecil didapat persentase sebesar 60,03% (cukup baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 81,5% (baik). Hasil rata-rata kuesioner dan pengamatan siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase 87,47% (baik). Dari hasil tersebut telah sesuai dengan proses pembelajaran penjasorkes, dengan menggunakan peralatan yang menarik siswa sangat termotivasi serta antusias dalam mempraktikan gerak dasar manipulatif dengan baik melalui permainan ESGRANGTOK dan pembelajaran sudah tercapai. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pengembangan permainan ESGRANGTOK ini dapat digunakan untuk pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas IV di SD Negeri di Ulujami Pemalang. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunkan produk model permainan ESGRANGTOK dalam materi penjasorkes kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran Gerak Dasar Manipulatif, Permainan ESGRANGTOK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Feb 2016 17:41
Last Modified: 18 Oct 2016 16:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23385

Actions (login required)

View Item View Item