KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBASIS LSQ TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP


Dedy Bara Firmansyah , 4201411094 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBASIS LSQ TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411094.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 5 Batang diperoleh fakta bahwa dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran sehinga siswa cenderung bosan. Kebosanan siswa ini menyebabkan hasil belajar masih rendah yang disebabkan oleh rendahnya minat belajar siswa. Oleh sebab itu, penulis menerapkan pembelajaran Quantum Learning berbasis LSQ sebagai solusi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Quantum Learning berbasis LSQ serta untuk mengetahui keefektifan pembelajaran tersebut terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest - posttest, dan angket. Data yang diperoleh dalam penelitian ini terdiri dari skor pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji t dan uji faktor N-gain. Berdasarkan hasil analisis, uji t hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dimana ratarata hasil belajar kognitif pada kelas kontrol adalah sebesar 70,57 sedangkan pada kelas eksperimen adalah sebesar 73,93. Sementara rata-rata minat belajar siswa pada kelas kontrol adalah 71,80 sedangkan pada kelas eksperimen adalah sebesar 74,27. Hasil analisis menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan faktor N-gain (<g>) pada kelas kontrol adalah sebesar 0,50 dengan kategori sedang dan pada kelas eksperimen sebesar 0,55 dengan kategori sedang. Sedangkan hasil analisis minat belajar menunjukkan peningkatan minat belajar siswa dengan faktor N-gain (<g>) pada kelas kontrol adalah sebesar 0,27 dengan kategori rendah dan pada kelas eksperimen sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Quantum Learning berbasis LSQ efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keefektifan, Learning Starts With a Question (LSQ), Minat, Quantum Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2016 18:39
Last Modified: 04 Feb 2016 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23380

Actions (login required)

View Item View Item