PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN TES FISIKA BENTUK OBJEKTIF DAN ESSAY


Faizal Dwi Nugraha, 4201411015 (2015) PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN TES FISIKA BENTUK OBJEKTIF DAN ESSAY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201411015.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika terus menjadi sorotan karena hasil belajar masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tes fisika. Tes fisika, baik dalam bentuk objektif maupun essay, memang menuntut siswa untuk jeli dalam mencermati bahasa verbal yang tertulis dalam soal dan mengubahnya ke dalam bahasa matematis berupa rumus dan persamaan fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan verbal siswa, mengetahui pengaruh kemampuan verbal terhadap kemampuan penyelesaian tes fisika bentuk objektif dan essay, serta mengetahui perbedaan hasil penyelesaian tes fisika bentuk objektif dan essay. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Brebes dengan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa yang diambil dari kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes fisika bentuk objektif dan essay. Analisis data menggunakan analisis regresis dan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil kemampuan verbal siswa sangat beragam, dengan nilai rata-rata 68,1 dan komponen kemampuan verbal berupa padanan hubungan mendapatkan hasil lebih tinggi dibandingkan dengan komponen kemampuan verbal berupa sinonim, antonim dan pengelompokan kata. Selain itu hasil analisis korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan verbal terhadap kemampuan penyelesaian tes fisika bentuk objektif. Terdapat pula hubungan antara kemampuan verbal terhadap kemampuan penyelesaian tes fisika bentuk essay. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan verbal siswa berpengaruh terhadap kemampuan penyelesaian tes fisika dalam bentuk objektif maupun essay. Hasil analisis juga menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan bentuk tes fisika. Dengan kata lain apapun bentuk tes fisika yang diberikan (objektif atau essay) tidak akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, karena pada dasarnya kedua tes tersebut sama-sama baik. Siswa dengan kemampuan verbal tinggi akan dengan mudah mengerjakan tes fisika dibandingkan dengan siswa dengan kemampuan verbal rendah. Kemampuan verbal akan berpengaruh dalam hasil belajar yang direpresentasikan sebagai kemampuan penyelesaian tes fisika, baik dalam bentuk objektif maupun bentuk essay. Adanya interaksi antara kemampaun verbal dengan kemampuan penyelesaian tes fisika bentuk objektif dan essay dalam hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan kemampuan verbal tinggi lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan kemampuan verbal rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan verbal, bentuk tes objekti dan essay, tes fisika.
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2016 16:10
Last Modified: 04 Feb 2016 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23377

Actions (login required)

View Item View Item