PENGGUNAAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING UNTUK ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN PROGRAM LISREL 8.80

Aprilia Kasanah, 4111411015 (2015) PENGGUNAAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING UNTUK ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN PROGRAM LISREL 8.80. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1480Kb)

    Abstract

    Salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh perusahaan atau organisasi di bidang jasa adalah masalah ketidakpuasan pengguna jasa terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang berusaha meneliti tentang kepuasan pengguna jasa terhadap kualitas pelayanan yang di terapkan organisasi atau perusahaan selama ini. Salah satu unit pelayanan yang ada di Unnes yaitu Perpustakaan Pusat Unnes. Kualitas pelayanan perpustakaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan. Permasalahan dalam penelitian ini ingin mengetahui pengaruh dan signifikansi antara variabel kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan terhadap kualitas pelayanan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif antara kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan terhadap kualitas pelayanan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 163 mahasiswa yang berkunjung ke Perpustakaan Pusat Unnes. Waktu penelitian ini adalah 4-7 Agustus 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert, yang terdiri dari 2 variabel laten eksogen dan 1 variabel laten endogen dengan total 12 indikator. Metode yang digunakan adalah analisis data menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbantuan program LISREL 8.80. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa data tidak mengikuti distribusi normal multivariat sehingga berdasarkan asumsi ketidaknormalan data maka model diestimasi menggunakan metode ML dengan mengkoreksi standart error dan beberapa goodness of fit indices. Dengan melihat Chi-Square test, RMSEA, CFI dan RMSR dapat menilai ukuran kecocokan model sehingga uji kecocokan menunjukkan model fit. Dalam penelitian ini modifikasi dilakukan sebanyak 2 kali dan diperoleh Chi-Square test 36,59 (pvalue = 0,23), RMSEA = 0,028, CFI = 0,99 dan RMSR = 0,028. Jadi model fit dan model yang digunakan dalam penelitian ini dapat dijadikan dasar analisis terhadap permasalahan penelitian ini. Jadi variabel laten kompetensi pegawai dan fasilitas perpustakaan berpengaruh secara positif terhadap kualitas pelayanan perpustakaan. Saran yang dibeikan peneliti adalah dalam asumsi ketidaknormalan data dapat dilakukan estimasi model dengan metode ML dengan mengkoreksi standart error dan beberapa goodness of fit indices.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, LISREL, Structural Equation Modeling (SEM).
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 04 Feb 2016 11:10
    Last Modified: 04 Feb 2016 11:10

    Actions (login required)

    View Item