KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN KARTU KERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII


Devita Anggraini , 4101411190 (2015) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN KARTU KERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411190.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar siswa SMP N 1 Karanganyar kesulitan dalam menghadapi soal pemecahan masalah. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya rata-rata kemampuan siswa yaitu hanya 63,25% siswa yang mampu mencapai KKM. Dengan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari materi secara mandiri dan percaya diri serta membantu siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Apakah hasil belajar siswa pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran CORE dapat mencapai ketuntasan klasikal, (2)Apakah hasil belajar siswa pada aspek kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja dapat mencapai ketuntasan klasikal, (3)Apakah rata-rata hasil belajar siswa pada aspek pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja lebih baik daripada pembelajaran CORE dan pembelajaran biasa di sekolah penelitian (pembelajaran langsung), dan (4)Apakah rata-rata kepercayaan diri siswa dengan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja lebih tinggi daripada siswa dengan pembelajaran CORE dan pembelajaran biasa di sekolah penelitian (pembelajaran langsung). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar tahun 2014/2015. Terdapat 3 kelas sampel yang diambil dengan teknik simple random sampling yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen 1 dengan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja, VIIIC sebagai kelas eksperimen 2 dengan pembelajaran CORE, dan VIIID sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Data diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan uji proporsi dan uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 telah mencapai ketuntasan klasikal. Berdasarkan uji ANAVA terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa pada ketiga kelas sampel dan uji Scheffe menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika dan kepercayaan diri siswa kelas eksperimen 1 lebih baik daripada kelas eksperimen 2 dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja efektif pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika dan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran CORE, Kartu Kerja, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kepercayaan Diri
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2016 16:09
Last Modified: 04 Feb 2016 16:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23371

Actions (login required)

View Item View Item