KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII


Dian Sri Astuti, 4101411117 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411117.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika. Beberapa cara untuk meningkatkannya adalah menggunakan model pembelajaran TSTS dengan strategi REACT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran TSTS dengan strategi REACT terhadap kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester I SMP Negeri 13 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, diambil secara acak dua kelas dari populasi untuk dijadikan sampel. Dari pengambilan sampel tersebut, terpilih kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang diberi model pembelajaran TSTS dengan strategi REACT dan kelas VII C sebagai kelas kontrol yang diberi model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, tes, dan skala likert. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak dan uji-t. Analisis data awal menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, homogen, dan memiliki rata-rata kelas yang sama. Hasil analisis data akhir menunjukkan bahwa (1) kemampuan koneksi matematis siswa di kelas yang mendapat model pembelajaran TSTS dengan strategi REACT mencapai ketuntasan klasikal, (2) kemampuan koneksi matematis siswa di kelas yang mendapat model pembelajaran TSTS dengan strategi REACT lebih baik dari kemampuan koneksi matematis siswa di kelas yang mendapat model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi, (3) motivasi belajar siswa di kelas yang mendapat model pembelajaran TSTS dengan strategi REACT lebih baik dari motivasi belajar siswa di kelas yang mendapat model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TSTS dengan strategi REACT efektif terhadap kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa kelas VII.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Model TSTS, Motivasi Belajar, Strategi REACT.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2016 16:09
Last Modified: 04 Feb 2016 16:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23369

Actions (login required)

View Item View Item