ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL 4K MATERI GEOMETRI KELAS VIII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA


Lilyan Rifqiyana, 4101411113 (2015) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL 4K MATERI GEOMETRI KELAS VIII DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101411113.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran model 4K pada siswa kelas VIII ditinjau dari gaya kognitif siswa yaitu gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kudus yang terdiri dari 2 siswa FI dan 2 siswa FD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes berupa Group Embedded Figures Test (GEFT) untuk mengukur gaya kognitif siswa dan tes kemampuan berpikir kritis (TKBK) serta teknik non tes berupa wawancara. Sebelum dilakukan tes, siswa mengikuti pembelajaran pada materi geometri pada sub materi prisma dengan model pembelajaran 4K yang mencakup kriteria: (a) karakter, (b) kreatif, (c) konservasi, dan (d) kinerja. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan pada indikator kemampuan berpikir kritis yakni: (1) kemampuan merumuskan pertanyaan berupa kemampuan merumuskan masalah; (2) kemampuan menanyakan dan menjawab pertanyaan berupa kemampuan menentukan fakta yang ada; (3) kemampuan melakukan observasi dan menilai laporan observasi berupa kemampuan menggunakan bukti-bukti yang benar; (4) kemampuan membuat induksi dan menilai induksi berupa kemampuan menarik kesimpulan sesuai fakta; (5) kemampuan mendefinisikan dan menilai definisi berupa kemampuan bertindak dengan memberikan penjelasan lanjut; dan (6) kemampuan memadukan berupa kemampuan memadukan kecenderungan dan kemampuan dalam membuat keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari 30 siswa yang melakukan tes GEFT, sebanyak 23 siswa memiliki gaya kognitif FI dan 7 siswa memiliki gaya kognitif FD; (2) siswa jenis FD lemah (FDL) mampu menguasai indikator 1, kurang mampu menguasai indikator 2, 3 dan 6 serta tidak mampu menguasai indikator 4 dan 5; (3) siswa jenis FD kuat (FDK) mampu menguasai indikator 1 dan 2, kurang mampu menguasai indikator 3, 4, 5 dan 6; (4) siswa jenis FI lemah (FIL) mampu menguasai indikator 1, kurang mampu menguasai indikator 2, 3 dan 6 serta tidak mampu menguasai indikator 4 dan 5; (5) siswa jenis FI kuat (FIK) mampu menguasai indikator 1, 2 dan 3, namun kurang menguasai indikator 4, 5 dan 6. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru membiasakan siswa jenis FD untuk menuliskan daftar pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang telah dibuat. Selain itu guru supaya membiasakan siswa FD dan siswa FI untuk menuliskan kesimpulan dalam setiap permasalahan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Model 4K, Gaya Kognitif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2016 16:09
Last Modified: 04 Feb 2016 16:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23368

Actions (login required)

View Item View Item