EFIKASI PROFESIONAL KADER POS PAUD TERHADAP PENYELENGGARAAN PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN (STUDI KASUS DI POS PAUD MAWAR I KABUPATEN SRAGEN)


Rona Estirina , 1601410016 (2015) EFIKASI PROFESIONAL KADER POS PAUD TERHADAP PENYELENGGARAAN PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN (STUDI KASUS DI POS PAUD MAWAR I KABUPATEN SRAGEN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFIKASI PROFESIONAL KADER POS PAUD TERHADAP  PENYELENGGARAAN PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN  KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN  (STUDI KASUS DI POS PAUD  MAWAR I KABUPATEN SRAGEN)] Other (EFIKASI PROFESIONAL KADER POS PAUD TERHADAP PENYELENGGARAAN PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN (STUDI KASUS DI POS PAUD MAWAR I KABUPATEN SRAGEN)) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu bentuk atau sarana dalam memajukan ilmu pengetahuan bagi masyarakat.. Pada usia dini anak-anak sudah mulai belajar baik melalui lingkungan formal maupun nonformal. Kualitas pendidikan itu sendiri tidak hanya diperoleh dari sarana prasarana namun juga dari pendidik yang profesional dan berkompeten dalam bidangnya. Pendidikan yang berkualitas tidak hanya bersumber dari sarana prasarana namun juga dari kesiapan para kader atau pendidik. Kesiapan atau dapat disebut dengan efikasi Bagi sebagian masyarakat belum mengerti tentang apa itu efikasi baik secara global maupun efikasi dibidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efikasi professional kader Pos PAUD terhadap pengembangan kemampuan kognitif anak usia 4-6 tahun di Pos PAUD Mawar Ngrampal, Sragen. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam menghimpun data. Teknik analisis data dengan model interaktif dengan triangulasi sebagai teknik keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian efikasi profesional kader Pos PAUD Mawar I cukup baik mereka dapat mengembangkan kemampuan kognitif siswa dengan berbagai macam kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tindak lanjut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Efikasi Profesional kader Pos PAUD Mawar I terhadap program penyelenggaraan kegiatan pengembangan kognitif Efikasi Profesional kader Pos PAUD Mawar I terhadap program kegiatan pengembangan kemampuan kognitif ditunjukkan kader dengan menguasai kompetensi pendidik dengan menyusun RKH, menggunakan berbagai metode dalam pembelajaran, melakukan evaluasi dan penilaian, menjalin komunikasi atau kerjasama yang baik dengan masyarakat, wali murid ataupun sesama kader.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efikasi profesional, kegiatan pengembangan kognitif, Pos PAUD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Feb 2016 10:02
Last Modified: 04 Feb 2016 10:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23362

Actions (login required)

View Item View Item