PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FITUR API GESTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENGENAL AKSARA KOREA DI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA


Dhian Yogo Prabowo , 5302411188 (2015) PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FITUR API GESTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENGENAL AKSARA KOREA DI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FITUR API GESTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENGENAL AKSARA KOREA  DI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FITUR API GESTURE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MENGENAL AKSARA KOREA DI SMK NEGERI 1 PURBALINGGA ) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran Bahasa Korea di SMK Negeri 1 Purbalingga tidaklah mudah dipelajari oleh siswa, karena Bahasa Korea memiliki abjad tersendiri yang disebut dengan Aksara Hangeul dimana terdiri dari abjad vokal dan konsonan yang penulisannya berbeda dengan penulisan abjad standar internasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar mengenal aksara Hangeul melalui media pembelajaran berbasis android. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan desain penelitian One Shot Case Study. Adapun langkah-langkah yang harus dilalui meliputi analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain kepada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, revisi desain, uji coba dan implementasi produk kepada siswa kelas X SMK N 1 Purbalingga dengan jumlah sampel 30 siswa serta revisi produk. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi android termasuk dalam kategori layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan validasi para ahli. Hasil analisis pengujian hipotesis dengan uji-t menunjukkan nilai nilai t tabel = 2,045 < t hitung = 8,41 yang berarti Ha diterima atau rata-rata hasil belajar menulis aksara Hangeul menggunakan aplikasi android lebih besar dari 80. Hasil belajar siswa diuji menggunakan uji n-Gain yang memperoleh nilai gain 0,5957 atau 59,57% berada dalam rentang 0,3 ≤ g ≤ 0,7 yang dapat dikategorikan sedang, sehingga dapat dikatakan adanya penigkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil angket respon siswa terhadap aplikasi android menunjukkan respon yang positif, sehingga dapat disimpulakan bahwa minat siswa tinggi terhadap pembelajaran menulis Aksara Hangeul menggunakan aplikasi Android tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksara Korea, Hangeul, Aplikasi Android, API Gesture, Menulis Aksara.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2016 14:43
Last Modified: 03 Feb 2016 14:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23357

Actions (login required)

View Item View Item