PENGARUH FAKTOR KEPERILAKUAN ORGANISASI TERHADAP KEGUNAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH


Kayati , 7211411076 (2015) PENGARUH FAKTOR KEPERILAKUAN ORGANISASI TERHADAP KEGUNAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FAKTOR KEPERILAKUAN  ORGANISASI TERHADAP KEGUNAAN SISTEM  AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH ]
Preview
PDF (PENGARUH FAKTOR KEPERILAKUAN ORGANISASI TERHADAP KEGUNAAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Observasi awal di Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, diketaui bahwa kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah masih belum optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor keperilakuan (pelatihan, kejelasan tujuan, dan dukungan atasan) terhadap kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah secara parsial. Populasi penelitian ini adalah seluruh SKPD di Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah. Sampel yang diambil adalah SKPD yang sesuai kriteria yang sudah ditentukan dalam penelitian yaitu sebanyak 32 SKPD. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pelatihan tehadap kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kejelasan tujuan terhadap kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan atasan terhadap kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat di simpulkan bahwa faktor keperilakuan seperti pelatihan, kejelasan tujuan dan dukungan atasan berperan untuk meningkatkan kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah. Saran yang dapat diberikan adalah pihak peruhasaan lebih meningkatkan lagi pelatihan, kejelasan tujuan dan dukungan atasan agar para karyawan bisa lagi untuk meningkatkan kegunaan sistem akuntansi keuangan daerah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Keperilakuan Organisasi (Pelatihan, Kejelasan Tujuan, Dukungan Atasan), dan Kegunaan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2016 11:13
Last Modified: 03 Feb 2016 11:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23341

Actions (login required)

View Item View Item