PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG


Devi Kumala Anggraeni , 7101411254 (2016) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X  JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN  DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG ]
Preview
PDF (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK TEUKU UMAR SEMARANG ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, faktor intern yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa, dan faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar siswa.Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran memahami prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Teuku Umar Semarang tergolong masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar, motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran memahami prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Teuku Umar Semarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 siswa yang terdiri dari seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Teuku Umar Semarang yang sekaligus dipakai sebagai sampel karena jumlah responden kurang dari 100. Variabel yang diteliti yaitu kesiapan belajar, motivasi belajar dan lingkungan sekolah sebagai variabel bebas, dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar, motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran memahami prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa kelas X di SMK Teuku Umar Semarang secara simultan maupun parsial yang dibuktikan dari hasil uji simultan (F) yang diperoleh signifikansi < 0,05 dan secara parsial diperoleh signifikansi < 0,05. Besarnya pengaruh secara simultan sebesar 64,3% selebihnya 35,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial kesiapan belajar sebesar 22,47%, motivasi belajar sebesar 9,12% dan lingkungan sekolah sebesar 6,55%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar, motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar belajar mata pelajaran memahami prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa kelas X di SMK Teuku Umar Semarang baik secara simultan maupun parsial. Saran yang dikaitkan dengan hasil penelitian yaitu siswa yakin dengan kemampuannya sendiri dan fasilitas sekolah seperti alat mengetik harus dimanfaatkan secara maksimal untuk keperluan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Motivasi Belajar, Lingkungan Sekolah, dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2016 11:05
Last Modified: 03 Feb 2016 11:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23339

Actions (login required)

View Item View Item