PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, CARA BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Sukma IndraPradani , 7101411035 (2015) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, CARA BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, CARA BELAJAR, DAN  LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR  MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA  NEGERI 16 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ]
Preview
PDF (PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, CARA BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 16 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Perolehan aspek-aspek perubahan perilaku tersebut tergantung pada apa yang dipelajari oleh siswa. Oleh karena itu apabila siswa mempelajari pengetahuan tentang konsep, maka perubahan perilaku yang diperoleh adalah perubahan penguasaan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri, cara belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 16 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswakelas XI IPS di SMA Negeri 16 Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Jumlah Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 86 siswa. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Data variabel yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistic deskriptif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kepercayaan diri dalam kategori cukup baik, cara belajar termasuk dalam kategori cukup baik, dan lingkungan teman sebaya dalam kategori cukup baik. Dari hasiluji hipotesis terdapat pengaruh kepercayaan diri, cara belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajarek onomi sebesar 74,8%.Besarnya pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar sebesar 20,88%. Besarnya pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar sebesar 14,4%. Sedangkan besarnya pengaruh lingkungan temanse baya terhadap hasil belajar sebesar 21,25%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh kepercayaan diri,cara belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 16 Semarang. Bagi pihak sekolah terutama guru dapat membantu siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar khususnya pada indikator berani mengungkapkan pendapat. Bagi siswa hendaknya mampu meningkatkan konsentrasi belajarnya di kelas. Peran guru juga diperlukan dalam hal ini. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam proses belajar mengajar di kelas agar siswa lebih berkonsentrasi lagi di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kepercayaan diri, cara belajar, lingkungan teman sebaya
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2016 11:01
Last Modified: 03 Feb 2016 11:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23338

Actions (login required)

View Item View Item