PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA SANITASI DASAR DAN STATUS RAWAN BANJIR TERHADAP KEJADIAN DIARE (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Mangkang Kota Semarang Tahun 2014)


Muhamad Rizkiyanto , 6411410037 (2015) PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA SANITASI DASAR DAN STATUS RAWAN BANJIR TERHADAP KEJADIAN DIARE (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Mangkang Kota Semarang Tahun 2014). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA SANITASI DASAR DAN STATUS RAWAN BANJIR TERHADAP KEJADIAN DIARE (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Mangkang Kota Semarang Tahun 2014) ]
Preview
PDF (PENGARUH KETERSEDIAAN SARANA SANITASI DASAR DAN STATUS RAWAN BANJIR TERHADAP KEJADIAN DIARE (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Mangkang Kota Semarang Tahun 2014) ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bencana banjir dan sarana sanitasi dasar yang buruk dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit yang berbasis lingkungan seperti diare. Sarana sanitasi dasar meliputi sarana air bersih, sarana jamban, sarana tempat pembuangan sampah, sarana pembuangan air limbah dan saluran drainase. Penelitian ini bertujuan manganalisis pengaruh antara kondisi fisik sarana sanitasi dasar dan status rawan dengan kejadian diare di wilayah kerja Puskesmas Mangkang, Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus kontrol. Populasi penelitian ini seluruh warga Desa Mangkang Kulon, Mangkang Wetan, dan Mangunharjo, yang didiagnosis diare oleh Puskesmas Mangkang dari bulan Oktober 2013 sampai Februari 2014 dan bukan penderita diare. Sampel penelitian sebanyak 29 responden kelompok kasus dan 29 responden kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan lembar checklist. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat mengunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara kondisi fisik sarana air bersih (p=0,023, OR=3,9), kondisi fisik sarana jamban (p=0,016, OR=3,87), kondisi fisik sarana tempat pembuangan sampah (p=0,036, OR=3,82), kondisi fisik sarana pembuangan air limbah (p=0,017, OR=3,72), dan kondisi fisik saluran drainase (p=0,033, OR=3,23) dengan kejadian diare. Pengaruh antara status rawan banjir dengan kejadian diare tidak dapat dianalisis secara statistik. Disarankan untuk dinas kesehatan terkait agar melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan kondisi fisik sanitasi rumah untuk mengurangi risiko terhadap penularan penyakit diare.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Diare, Sarana Sanitasi Dasar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2016 10:23
Last Modified: 03 Feb 2016 10:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23331

Actions (login required)

View Item View Item