PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA INDONESIA TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL PADA WANITA LANSIA (Eksperimen Paguyuban Lansia Nusa Indah Kab. Banyumas Usia 60-69)


Rosyda Azmi , 6301411078 (2016) PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA INDONESIA TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL PADA WANITA LANSIA (Eksperimen Paguyuban Lansia Nusa Indah Kab. Banyumas Usia 60-69). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA INDONESIA TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL  PADA WANITA LANSIA (Eksperimen Paguyuban Lansia Nusa Indah Kab. Banyumas Usia 60-69) ]
Preview
PDF (PENGARUH SENAM BUGAR LANSIA INDONESIA TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL PADA WANITA LANSIA (Eksperimen Paguyuban Lansia Nusa Indah Kab. Banyumas Usia 60-69) ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kolesterol merupakan suatu zat lemak yang beredar di dalam darah, diproduksi oleh hati, dan sangat diperlukan dalam tubuh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam bugar lansia indonesia terhadap penurunan kadar kolesterol. Metode penelitian menggunakan metode exsperimen. Jumlah sampel sebanyak 12 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah menggunakan alat accutrend GCU, sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infersial uji beda. Hasil penelitian menunjukan rata-rata sampel setelah melakukan Senam Bugar Lansia Indonesia mampu menurunkan kadar kolesterol rata-rata sebesar 216,67 pada kelompok eksperimen dan 227,67 pada kelompok kontrol. Simpulan penelitian adalah ada pengaruh Senam Bugar Lansia Indonesia terhadap penurunan kolesterol pada wanita lansia usia 60-69 sebesar 216,67 di Paguyuban Nusa Indah kabupaten Banyumas tahun 2015. Saran dari penelitian ini adalah anggota Paguyuban Nusa Indah untuk rutin melakukan senam minimal 3 kali dalam 1 minggu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Senam Bugar Lansia Indonesia, Kolesterol.
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 03 Feb 2016 10:16
Last Modified: 03 Feb 2016 10:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23329

Actions (login required)

View Item View Item