KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN TEKNIK RADIANT THINKING TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEMS SOLVING DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG KELAS VIII

Ana Jubaida, 4101411028 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PBL DENGAN TEKNIK RADIANT THINKING TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEMS SOLVING DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (5Mb)

    Abstract

    Matematika memiliki potensi untuk mengembangkan kemampuan problems solving dan kemandirian belajar siswa. Namun, fakta menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di sekolah belum optimal mengembangkan kemampuan dan karakter tersebut. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa terbiasa mengerjakan soal-soal yang memerlukan daya ingat saja. Model Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model yang berpusat pada siswa dan berdampak mengembangkan kemampuan problems solving dan kemandirian siswa. Selain itu diketahui pula bahwa belajar menggunakan mind map yang pembuatannya menggunakan teknik radiant thinking dapat mengembangkan pemahaman konsep yang sangat diperlukan dalam pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan penelitian untuk mengetahui keefektifan penerapan model PBL dengan teknik radiant thinking terhadap kemampuan problems solving dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan adalah Pre-Experimental Design tipe One Shot Case Study. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batang tahun ajaran 2014/2015. Sampel diambil secara cluster random sampling dan terpilih kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah dokumentasi, wawancara, tes, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan uji proporsi dan deskripsi persentase. Analisis hipotesis 1 dan 2 dengan uji proporsi berturut-turut menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar secara klasikal pada aspek (1) kemampuan problems solving dengan persentase 86,8%, dan (2) kemandirian belajar dengan persentase 94,74%. Hasil tersebut didukung oleh hasil pengamatan aktivitas siswa dan hasil analisis penilaian mind map. Aktivitas pemecahan masalah dan kemandirian siswa mengalami peningkatan pada tiap pertemuan dan dalam kategori baik. Selain itu 94,74% siswa kelas eksperimen melaksanakan tugas membuat mind map. Kemampuan siswa dalam membuat mind map dalam kategori baik. Respon siswa terhadap model pembelajaran dan mind map juga baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan teknik radiant thinking efektif terhadap kemampuan problems solving dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran bangun ruang kelas VIII.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: PBL, radiant thinking, kemampuan problems solving, kemandirian belajar
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 03 Feb 2016 05:03
    Last Modified: 03 Feb 2016 05:03

    Actions (login required)

    View Item