PROFIL KONDISI FISIK DOMINAN PEMAIN FUTSAL PUTRA PRA PON JAWA TENGAH DALAM PERSIAPAN PON XIX TAHUN 2015

Safi’i , 6301410018 (2015) PROFIL KONDISI FISIK DOMINAN PEMAIN FUTSAL PUTRA PRA PON JAWA TENGAH DALAM PERSIAPAN PON XIX TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PROFIL KONDISI FISIK DOMINAN PEMAIN FUTSAL PUTRA PRA PON JAWA TENGAH DALAM PERSIAPAN PON XIX TAHUN 2015 ) - Published Version
Download (3440Kb)

    Abstract

    Latar belakang dari penelitian ini adalah permasalahan kondisi fisik merupakan komponen penting dalam perolehan prestasi atlet. Oleh karena itu petingnya mengetahui kondisi fisik seorang atlet sangat diperlukan untuk penanganan atlet dengan tepat untuk memperoleh prestasi yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan profil kondisi fisik pemain futsal Pra PON Jawa Tengah Tahun 2015. Populasi pada penelitian ini adalah pemain Pra PON Futsal Jawa Tengah Tahun 2015 yang berjumlah 24 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pemain futsal Pra PON Jawa Tengah yang berjumlah 24 orang. Penentuan sampel dengan total sampling atau keseleuruhan sample. Variabel dalam penelitian ini adalah kondisi fisik pemain Futsal Pra PON Jawa Tengah Tahun 2015. Data di ambil dengan survey tes. Desain penelitian ini menggunakan one shot-case method. Dalam penelitian ini instrument yang digunakan adalah tes kekuatan, tes kecepatan gerak, dan tes daya tahan. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara khusus pemain futsal Pra PON Jawa Tengah Tahun 2015 meiliki kondisi fisik kemampuan kecepatan, kelincahan dan daya tahan dalam kategori sedang. Sedangkan kondisi fisik kemampuan kekuatan dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan kemampuan kondisi fisik pemain futsal Pra PON Jawa Tengah tahun 2015 belum optimal untuk melaksanakan pertandingan kualifikasi karena secara umum kondisi fisik pemain dalam kategori sedang. Terkait dengan simpulan, sebagai saran adalah; 1) bagi pelatih hendaknya memberikan program latihan dengan metode interval yang ekstensif, metode interval yang instensif, metode latihan repetisi (metode weight training, pliometrik, metode circuit training, metode interval training, strength endurance dan sebagainya). 2) Dalam pemberian materi kondisi fisik pelatih hendaknya melihat kemampuan dasar kondisi fisik pemain agar pemain tidak mengalami overload atau kelebihan beban dalam latihan. 3) Bagi pemain hendaknya menjaga dan memperhatikan masa recovery serta lebih serius dalam menjalahi latihan karena melihat padatnya jadwal latihan dalam training center.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Profil, Kondisi Fisik, Dominan
    Subjects: O Sport > Physical fitness
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 02 Feb 2016 09:50
    Last Modified: 02 Feb 2016 09:50

    Actions (login required)

    View Item