PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN POST FIVE MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGIJO 01 KECAMATAN GUNUNG PATI SEMARANG


ERAS BAHDIANTO , 6102411021 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN POST FIVE MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGIJO 01 KECAMATAN GUNUNG PATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN POST FIVE MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGIJO 01 KECAMATAN GUNUNG PATI SEMARANG ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN POST FIVE MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGIJO 01 KECAMATAN GUNUNG PATI SEMARANG ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Modifikasi pada pembelajaran penjasorkes di sekolah dasar sangatlah penting untuk dilakukan, karena esensi dari modifikasi adalah menganalisis sekaligus mengembangkan materi pembelajaran dengan cara mengurutkan dalam bentuk aktivitas belajar yang potensial dapat memperlancar siswa dalam belajarnya. Permasalahan dalam permainan ini adalah: siswa belum termotivasi untuk lebih semangat, kebugaran fisik siswa belum meningkat dan tujuan peningkatan kebugaran jasmani belum tercapai. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mencari bentuk- bentuk model pembelajaran yang menarik bagi siswa dan agar guru kreatif dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan model yang dihasilkan, adapun prosedur atau langkah-langkahnya sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan; (2) pembuatan produk awal; (3) revisi produk awal; (4) uji lapangan skala besar; (5) revisi produk akhir; (6) hasil akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, lembar validasi ahli, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif berbentuk presentase. Sedangkan data yang berupa saran dan alasan jawaban dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian dari validasi pada uji coba skala kecil dari ahli penjas yang dilakukan oleh dosen ahli Penjas sebesar 81%, sedangkan ahli pembelajaran oleh guru penjas sebesar 74%. Hasil dari kuiesoner dan pengamatan sebesar, aspek kognitif diperoleh sebesar 88%, aspek afektif diperoleh sebesar 72%, aspek psikomotor diproleh sebesar 75,75%. Pada uji coba skala besar dari ahli penjas diproleh 91%. Sedangakan ahli pembelajaran diproleh sebesar 96%. Hasil dari kuiesoner dan pengamatan aspek kognitif di peroleh sebesar 93%, aspek Afektif di peroleh sebesar 94%, aspek Psikomotor diproleh sebesar 93%. Dengan modifikasi alat yang menarik dan permainan yang mengandung unsur – unsur kebugaran jasmani menjadikan anak lebih termotivasi dan dapat meningkatkan aspek kebugaran jasmani tersebut. Simpulan dari pengembangan permainan Post Five pada siswa kelas IV di SD Negeri Ngijo 01 Semarang ini dapat digunakan untuk siswa kelas IV SD Negeri Ngijo 01 semarang untuk meningkatkan pembelajaran Kebugaran jasmani diharapakan bagi guru penjas untuk dapat menggunkan produk pembelajaran permainan Post Five ini di sekolahan sebagai alternatif dan inovasi baru tentang pembelajaran kebugaran jasmani. Permainan Post Five ini bisa dimaiankan oleh putra maupun putri dan juga bisa dimainkan untuk semua kelas besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kebugaran Jasmani, Media Permainan Edukatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2016 14:19
Last Modified: 02 Feb 2016 14:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23315

Actions (login required)

View Item View Item