UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HEADSTAND MELALUI METODE KARTU TUGAS PADA KELAS XI IPA SMA N 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Irshad Aldis Alfarisi , 6101411160 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HEADSTAND MELALUI METODE KARTU TUGAS PADA KELAS XI IPA SMA N 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HEADSTAND MELALUI METODE KARTU TUGAS PADA KELAS XI IPA SMA N 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR HEADSTAND MELALUI METODE KARTU TUGAS PADA KELAS XI IPA SMA N 1 SUKOREJO KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan yang timbul di kelas XI IPA SMA N 1 Sukorejo yaitu siswa merasa kurang minat dalam mengikuti pembelajaran headstand karena mereka takut melakukan latihan headstand dan kurang paham mengenai penjelasan gerakan headstand yang benar. Terbukti rata-rata nilai senam lantai siswa kelas XI IPA yang tidak memenuhi KKM paling tinggi dibandingkan kelas lainnya yaitu. Untuk menarik minat siswa agar senang dengan pembelajaran headstand peneliti menggunakan metode kartu tugas sebagai media pembelajaran untuk memberikan penjelasan berupa potonganpotongan gambar mengenai latihan, gerakan, cara pertolongan, gerakan lanjutan headstand yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar headstand kelas XI IPA melalui metode kartu tugas bagi siswa SMA N 1 Sukorejo dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dalam pelaksanaannya siklus I satu kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan, dimana pada setiap siklus akan dilihat adanya peningkatan hasil belajar headstandnya. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA N 1 Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal. Berdasarkan 36 siswa(2 tidak masuk) yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil pengamatan pada saat pembelajaran, tes unjuk kerja dan tes tertulis siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil prosentase ketuntasan belajar pada siklus I, aspek Psikomotor 11,76% dengan rata-rata nilai 51,18 , aspek afektif 58,82% dengan rata-rata nilai 73,53 dan aspek kognitif 64,71% dengan rata-rata nilai 76,18 meningkat pada siklus II menjadi, aspek psikomotor 70,59% dengan rata-rata nilai 71,91, aspek afektif 76,47% dengan rata-rata nilai 76,47 dan aspek kognitif 91,18% dengan rata-rata nilai 83,53. Hasil belajar pada siklus I yang dapat memenuhi KKM sebanyak 17,65% dari jumlah keseluruhan siswa dengan rata rata nilai 65,44 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,5% dari jumlah keseluruhan siswa dengan rata-rata nilai 76,76. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran headstand melalui metode kartu tugas dapat meningkatkan hasil belajar headstand pada siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sukorejo. Saran bagi guru Pendidikan Jasmani di SMA N 1 Sukorejo untuk memanfaatkan metode kartu tugas dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Headstand, Metode Kartu Tugas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2016 14:10
Last Modified: 02 Feb 2016 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23313

Actions (login required)

View Item View Item