IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI TEKNIKTEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI MULTIMEDIA KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA (STUDI KASUS SMK N 1 CEPU)


Sekar Pramudita , 5302411160 (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI TEKNIKTEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI MULTIMEDIA KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA (STUDI KASUS SMK N 1 CEPU). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI TEKNIKTEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI MULTIMEDIA KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA (STUDI KASUS SMK N 1 CEPU)  ]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI TEKNIKTEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR PRODUKSI MULTIMEDIA KELAS X JURUSAN MULTIMEDIA (STUDI KASUS SMK N 1 CEPU) ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan keaktifan belajar siswa menjadi permasalahan yang ditemukan peneliti dalam melakukan observasi sebelum dilaksanakannya penelitian di SMK N 1 Cepu. Diperoleh data bahwa siswa yang tuntas hanya 50% atau 15 siswa dalam satu kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan yang terjadi dalam implementasi strategi pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar dan keaktifan belajar siswa di SMK N 1 Cepu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian post control group pretes-posttest pada setiap kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen kelas X SMK Negeri 1 Cepu Tahun Ajaran 2014/2015 Jurusan Multimedia Hasil menunjukan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata adalah 7,8 dengan prosentase ketuntasan sebesar 66,67%. Metode pembelajaran jigsaw memiliki tingkat keaktifan siswa sebesar 66%. Sedangkan kelas kontrol nilai ratarata adalah 7,11 dengan prosentase ketuntasan sebesar 40%. Kelas kontrol memiliki tingkat keaktifan siswa sebesar 48%. Kesimpulan dari penelitian yang menerapkan dua metode pada dua kelas yang berbeda adalah penerapan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa Kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 1 Cepu Tahun Ajaran 2014/2015. Pengajar diharapkan dapat menerapkan sistem pembelajaran yang kreatif untuk menarik minat siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan diharapkan penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan strategi pembelajaran jigsaw dapat diperbaiki lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, Strategi Pembelajaran, Kooperatif,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2016 13:30
Last Modified: 02 Feb 2016 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23308

Actions (login required)

View Item View Item