UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2008/2009


Hafidz Jatiwinarka , 3101405049 (2009) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 AMBARAWA TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (710kB) | Preview

Abstract

Cooperative Integrated Reading And Composition adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari 4 sampai 6 orang. Model pembelajaran kooperatif dapat melatih para siswa untuk dapat mendengarkan pendapatpendapat orang lain dan merangkum pendapat-pendapat atau temuan-temuan dalam bentuk tulisan. Tugas-tugas kelompok akan dapat memacu para siswa untuk bekerjasama, saling membantu satu sama lain dalam menginteraksikan pengetahuan-pengetahuan baru dengan pengetahuan-pengetahuan yang telah dimiliki. Para siswa masih menganggap bahwa pelajaran sejarah sebagai suatu pelajaran yang membosankan karena mereka berpandangan bahwa sejarah adalah suatu pelajaran yang mengandung fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar. Dalam penelitian ini, Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun Ajaran 2008/2009. Kelas tersebut merupakan kelas yang memiliki tingkat ketuntasan kelas yang paling rendah dibanding dengan kelas IPS lainnya. Ketuntasan prestasi belajar siswa hanya separuh dari jumlah siswa atau sebesar 56%, untuk itu diperlukan sebuah strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Ingin mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa? 2) Ingin mengetahui apakah model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat menumbuhkembangkan aktivitas siswa? Metode penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar keaktifan siswa, lembar kinerja guru, tes essay, dan lembar sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini adalah ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 adalah sebanyak 33 siswa atau 76,7% dan yang tidak tuntas belajar sebanyak 10 siswa atau 23,3% dengan nilai rata-rata kelas 7,5. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas belajar adalah sebanyak 41 siswa atau 95,3% dan yang tidak tuntas belajar adalah sebanyak 2 siswa atau sebesar 4,7% dengan nilai rata-rata kelas 8,4. Berdasarkan hasil yang diperoleh terjadi peningkatan sebesar 0.9 atau sebesar 9% dari siklus 1 ke siklus 2. ix Simpulan yang diambil adalah metode Cooperative Integrated Reading And Composition dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar sejarah, oleh karena itu dalam pembelajaran para guru dapat menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya sebagai variasi dalam kegiatan mengajar agar siswa tidak tertimpa kejenuhan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Cooperative Integrated Reading And Composition
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 May 2011 04:46
Last Modified: 25 Apr 2015 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item