UPAYA GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Mifta Abdirozaq , 3101411053 (2016) UPAYA GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015 ]
Preview
PDF (UPAYA GURU DALAM MENGATASI HAMBATAN PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015 ) - Published Version
Download (723kB) | Preview

Abstract

Pengembalian kurikulum menjadi KTSP di beberapa sekolah seolah menunjukkan bahwa pemerintah meragukan bahawa kurikulum 2013 dapat mengatasi hambatan pembelajaran sejarah yang sebelumnya tidak dapat diatasi dalam kurikulum KTSP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi hambatan pembelajaran sejarah menggunakan kurikulum 2013. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu SMP Negeri 1 Batang yang merupakan sekolah percontohan kurikulum 2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Data tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis data kualitatif, dimana proses mencari dan menyusun data dilakukan secara sistematis melalui proses reduksi data serta penyajian yang berimbang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui hambatan-hambatan dalam pembelajaran yang dialami guru meliputi pembuatan silabus dan KD yang masih dilakukan oleh guru, sumber materi yang terbatas, keadaan anak yang ribut sendiri, kurangnya sarana dan prasarana. Adanya hambatan-hambatan tersebut membuat guru berupaya untuk mengatasinya, digunakanlah kurikulum 2013 dengan cara menerapkan metode saintifik yang sebenar-benarnya, mencari model pembelajaran lain yang tidak mengandalkan LCD, pemanfaatan buku pedoman pemerintah sebagai sumber referensi, serta mencari referensi lain jika dalam buku pedoman terdapat ketidak lengkapan data. Simpulannya adalah banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan kurikulum 2013 yang salah satunya dipengaruhi oleh upaya guru dalam menerapkan kurikulum tersebut. Saran, Perlunya penambahan sarana dan prasarana penunjang dalam penggunaan Kurikulum 2013 sehingga hambatan-hambatan dalam hal media pembelajaran dapat segera diatasi oleh pihak sekolah. Meskipun pemerintah telah membagikan buku pedoman tetapi diharapkan pihak sekolah harus tetap mencari buku lain sebagai referensi bilamana terdapat kekurangan atau ketidak lengkapan materi dalam buku pedoman pemerintah. Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata diharapkan untuk dapat bergerak cepat sehingga keberadaan musium di kabupaten Batang dapat segera terlaksana. Pemerintah harus lebih aktif dalam melakukan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan tentang kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Hambatan Pembelajaran Sejarah, Kurikulum 2013, SMP Negeri 1 Batang
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2016 12:42
Last Modified: 02 Feb 2016 12:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23294

Actions (login required)

View Item View Item