ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 BUKATEJA


Edi Triono , 2302911022 (2015) ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 BUKATEJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 BUKATEJA ]
Preview
PDF (ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 1 BUKATEJA ) - Published Version
Download (651kB) | Preview

Abstract

Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, pembelajaran didefinisikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan proses dari interaksi antara guru dan siswa. Guru dituntut untuk menyampaikan materi kepada siswa, sedangkan siswa dituntut untuk bisa menerima materi yang disampaikan guru. Proses inilah yang menjadikan terjadinya hubungan antara guru dan siswa. Dalam proses ini juga guru harus mampu memberikan motivasi positif agar siswa dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan menyenangkan. Terlebih dalam pembelajaran bahasa Jepang, bagi pembelajar awal, bahasa Jepang dirasa sulit karena pengucapan dan pola kalimat yang berbeda dengan bahasa ibu. Oleh karena itu, diperlukan sebuah metode dan media yang interaktif antara guru dan siswa yang akan menciptakan kondisi menyenangkan dalam kelas sehingga siswa tidak merasa bosan dan menjadi lebih perhatian terhadap pembelajaran. Alur pembelajaran bahasa Jepang yang dikeluarkan oleh Japan Foundation sudah mencakup tentang bagaimana proses pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Bukateja. Teknik pengolahan data yang dilakukan adalah dengan melakukan penskoran terhadap proses pembelajaran dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup kemudian ditarik kesimpulan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Bukateja sudah baik dan sudah berdasarkan alur pembelajaran Bahasa Jepang yang dikeluarkan oleh Japan Foundation.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 02 Feb 2016 12:38
Last Modified: 02 Feb 2016 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23293

Actions (login required)

View Item View Item